PENGEMBANGAN MODUL BERFOKUS PADA PENDALAMAN MATERI HIDROLISIS DAN BUFFER DENGAN PENDEKATAN BERPIKIR KRITIS


Eli Purwanti , 4301412086 (2016) PENGEMBANGAN MODUL BERFOKUS PADA PENDALAMAN MATERI HIDROLISIS DAN BUFFER DENGAN PENDEKATAN BERPIKIR KRITIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412086.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian research and development (R&D) ini bertujuan untuk mengembangkan modul berfokus pada pendalaman materi hidrolisis dan buffer dengan pendekatan berpikir kritis yang layak, efektif, serta mendapat tanggapan positif dari siswa. Metode penelitian dilakukan melalui 3 tahapan yaitu define, design, dan development mengacu pada model prosedural 4-D yang meliputi uji coba skala kecil, uji coba skala besar, dan implementasi produk. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi, lembar observasi, angket tanggapan, tes, dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan validasi produk pengembangan modul untuk aspek isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan berturutturut mendapat rerata skor 75/84, 47,67/56, 44,67/52, dan 108/128. Keefektifan modul ditinjau dari ketuntasan klasikal sebesar 88,63% dan uji N-gain sebesar 0,718 dengan kriteria tinggi. Respon positif ditunjukkan siswa terhadap modul dengan 24 siswa menyatakan sangat baik dan 20 siswa menyatakan baik. Berdasarkan data yang telah dihimpun dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan layak, efektif, mendapat respon positif, dan mampu meningkatkan pendalaman materi siswa. Saran untuk penelitian ini adalah perlu adanya standarisasi observer agar proses penilaian selama penelitian dapat berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis; Hidrolisis dan Buffer; Modul; Pendalaman Materi
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 17:17
Last Modified: 19 Oct 2017 17:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26859

Actions (login required)

View Item View Item