KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI 2 DEMAK


Ifandika Dwi Septian, 4301412082 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI 2 DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412082.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Demak.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan sampel penelitian kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 4 sebagai kelas kontrol di SMA Negeri 2 Demak. Desain penelitian yang digunakan adalah post test only design. Hasil Penelitian didapatkan indeks normalized gain aktivitas siswa kelas eksperimen dan kontrol secara berturut-turut sebesar 0,331; dan 0,127 termasuk dalam kategori sedang. Uji t dari rata-rata hasil belajar siswa dengan Ho= Rata-rata post test kelas eksperimen tidak berbeda dengan kelas kontrol ( XA= XB) dan Ha= Rata-rata post test kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol ( XA > XB), didapatkan thitung> ttabel (11,337 > 1,66), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kriteria efektif yang harus dipenuhi dalam penelitian ini adalah: 1) rata- rata hasil belajar kognitif siswa mencapai KKM yaitu 75, 2) ranah psikomotorik dan afektif siswa minimal mencapai kriteria baik, 3) dan rerata kelas eksperimen lebih besar dari rerata kelas kontrol. Simpulan penelitian ini: model pembelajaran Contextual Teaching and Learning efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Siswa; Contextual Teaching and Learning; Hasil belajar.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 17:00
Last Modified: 19 Oct 2017 17:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26857

Actions (login required)

View Item View Item