PENERAPAN SCIENTIFIC APPROACH DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATERI ASAM BASA


Cecilia Devina Anggraini , 4301412061 (2016) PENERAPAN SCIENTIFIC APPROACH DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATERI ASAM BASA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412061.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan scientific approach dengan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran materi asam basa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Salatiga. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan didapatkan kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 8 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode dokumentasi, obeservasi, tes dan angket. Penelitian ini dimulai dengan menganalisis hasil ujian akhir semester gasal kimia kelas XI tahun ajaran 2015/2016 sebelum pemberian perlakuan dan diakhiri dengan adanya posttest. Berdasarkan hasil penelitian rata – rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 79.00 dan kelas kontrol sebesar 70.06. Hasil uji perbedaan rata – rata menunjukkan bahwa thitung = 3.41 > ttabel = 1.67 maka dapat disimpulkan rata – rata nilai posttest kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Uji korelasi diperoleh angka korelasi sebesar 0.54 dan uji koefisien determinasi didapatkan hasil sebesar 29.16%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dengan scientific approach berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran materi asam basa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, scientific approach, problem based learning
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 15:36
Last Modified: 19 Oct 2017 15:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26839

Actions (login required)

View Item View Item