PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA N 9 SEMARANG


Ema Nur Hayati , 4301412038 (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA N 9 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412038.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam aspek pembelajaran, siswa dituntut agar memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan berpikir tingkat tinggi memiliki beberapa aspek seperti kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif, serta memecahkan masalah (Rofiah et al., 2013). Hal ini disebabkan karena persaingan pendidikan yang semakin pesat di era globalisasi ini, menuntut siswa mampu berpikir kritis terhadap masalah yang harus dipecahkan. Study awal yang dilakukan (Sari & Susilaningsih., 2015 dan Supardi, & Putri., 2010) menyatakan bahwa pada umumnya pembelajaran di sekolah-sekolah masih menggunakan metode konvensional. Ternyata hal ini berlaku di SMA N 9 Semarang, dari hasil observasi terutama kelas XI IPA diperoleh hasil bahwa pembelajaran masih menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu, diperlukan suatu model dan media pembelajaran yang dapat memberikan kontribusi terhadap kemampuan berpikir kritis salah satunya problem-based learning berbantuan media puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model problem-based learning berbantuan media puzzle terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA N 9 Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Kelas eksperimen pada penelitian ini adalah XI IPA 1 sedangkan kelas kontrol adalah XI IPA 3. Desain penelitian Nonequivalent Control Grup Design. Metode pengumpulan data meliputi metode tes, observasi dan angket. Berdasarkan uji t hasil belajar, diperoleh t hitung (3,228) > t (1,67) sedangkan pada kemampuan berpikir kritis diperoleh t hitung (3,641) > t (1,67) artinya kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model problem-based learning berbantuan media puzzle berpengaruh terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis; Hasil Belajar; Media Puzzle; dan Problem-Based Learning.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 14:32
Last Modified: 19 Oct 2017 14:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26829

Actions (login required)

View Item View Item