PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI KIMIA BERBASIS ANDROID MATERI HIDROKARBON UNTUK KETUNTASAN KLASIKAL SISWA
Umi Jamilah , 4301412034 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI KIMIA BERBASIS ANDROID MATERI HIDROKARBON UNTUK KETUNTASAN KLASIKAL SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Teknologi adalah bidang informasi yang berkembang cukup pesat. Perkembangan teknologi sendiri memberikan nilai positif di setiap bidang, tidak terkecuali bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media game edukasi kimia berbasis Android pada materi hidrokarbon, mengukur kelayakan, kepraktisan dan keefektifannya, serta mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaannya pada proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa SMA N 2 Pekalongan tahun ajaran 2015/2016. Penelitian menggunakan desain Research and Development (R & D) menurut Sugiyono (2013). Tahapan-tahapan penelitian yang dilakukan adalah identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba skala pemakaian, revisi produk, produk final. Hasil validasi oleh ahli menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dengan rata-rata skor validasi ahli media mencapai 72,33 dari skor maksimal 80 dan rata-rata skor dari ahli materi 147,67 dari skor maksimal 160. Hasil uji coba skala kecil menunjukkan bahwa siswa memberi tanggapan positif terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil post test siswa menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan efektif terhadap hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal 87,50%. Siswa juga memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan pada proses pembelajaran kimia materi hidrokarbon. Selain itu, siswa dan guru juga memberikan tanggapan dengan kriteria baik terhadap kepraktisan media yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak, efektif, dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran dan mendapat tanggapan positif dari siswa sebagai pengguna.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Android, Game Edukasi, Ketuntasan Klasikal. |
Subjects: | L Education > Special Education > Chemistry Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 19 Oct 2017 14:22 |
Last Modified: | 19 Oct 2017 14:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26826 |
Actions (login required)
View Item |