IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PENGEMBANGAN DAN PERCONTOHAN SE-KABUPATEN PATI
Moh. Ranaris Utomo , 6101411046 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PENGEMBANGAN DAN PERCONTOHAN SE-KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kabupaten Pati terdapat enam sekolah yang menjadi pengembangan dan percontohan penerapan kurikulum 2013, sekolah itu adalah : SMP 3 Pati, SMP 1 Juwana, SMP 1 Batangan, SMP 2 Kayen, SMP 2 Pucakwangi dan SMP 1 Gabus. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Sekolah Menengah Pertama Pengembangan dan Percontohan Se-Kabupaten Pati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berdasarkan kurikulum 2013 di sekolah menengah pertama pengembangan dan percontohan se-Kabupaten Pati. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Analisis pada penelitian ini terdiri atas, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian di lapangan, maka dapat diketahui bahwa implementasi kurikulum 2013 di SMP se-Kabupaten Pati sudah terlaksana baik, hal ini dapat di lihat dari rata-rata skor yang di dapat ialah sebesar 242 atau 91,25%. Kemudian beberapa aspek lain yang menunjukan bahwa implementasi tersebut sudah tersusun dengan baik adalah Silabus dan RPP yang sebagian besar sudah di persiapkan dan di dasarkan pada aturan dari kurikulum 2013. Hal ini di harapkan agar kwalitas pembelajaran semakin meningkat dan murid dapat dengan cepat mengalami peningkatan hasil belajar. Hasil wawancara dengan murid menunjukkan hasil yang baik, di karenakan murid merasa senang dalam kegiatan belajar. Saran bagi peneliti selanjutnya, hendaknya di gunakan dengan sampel yang berbeda dan populasi yang lebih luas, sehingga di harapkan faktor-faktor yang mendukung Implementasi pembelajaran penjasorkes yang berdasar pada kurikulum 2013 dapat teridentifikasi secara luas dan mendetail. Saran bagi sekolah sebaiknya perlu memberikan motivasi dan pengetahuan kepada guru untuk meningkatkan Implementasi pelaksanaan pembelajaran penjasorkes yang berdasar pada kurikulum 2013 dengan cara melakukan workshop atau Focus Group Disscustion (FGD) untuk meningkatkan kinerja guru dan hasil belajar siswa. Kepala sekolah beserta guru terus meningkatkan kinerja dengan turut aktif dalam seminar-seminar ataupun diklat yang membahas tentang pelaksanaan kurikulum 2013
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, PJOK, Kurikulum 2013 |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 19:20 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 19:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26814 |
Actions (login required)
View Item |