PENGARUH INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS XI MATERI BUFFER DAN HIDROLISIS
Retno Tri Lidya Ningrum , 4301412040 (2016) PENGARUH INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS XI MATERI BUFFER DAN HIDROLISIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Soal-soal latihan dalam pembelajaran yang digunakan oleh siswa biasanya merupakan soal-soal yang bersumber dari LKS atau buku paket yang sebagian besar kurang mengasah kemampuan berpikir kritis siswa.Berpikir kritis diperlukan dalam mengkonstruksi pengetahuan. Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilam berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) yang dapat digunakan dalam pembentukan sistem konseptual siswa. Berpikir kritis memerlukan soal latihan yang dapat memberikan konstribusi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, salah satunya dengan menggunakan instrumen penilaian kognitif berbasis HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh instrumen penilaian kognitif berbasis HOTS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi buffer dan hidrolisis. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Langkah-langkahnya meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data, dan tahap pengambilan kesimpulan. Kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 4 dan XI MIA 5 yang ditentukan secara cluster random sampling. Desain penelitian yang dipakai adalah post-test only design. Metode pengumpulan data meliputi metode tes dan metode angket. Berdasarkan uji t hasil tes berpikir kritis diperoleh thitung (8,1987) > ttabel (1,669) dengan besar pengaruh 78,7% pada materi buffer, sedangkan pada materi hidrolisis diperoleh thitung (8,1298) > ttabel (1,669) dengan besar pengaruh 77% artinya kemampuan berpikir kritis kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol baik pada materi buffer maupun hidrolisis. Kesimpulan dari hasil tersebut bahwa penggunaan instrumen penilaian kognitif berbasis HOTS berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kritis; Higher Order Thinking Skill; dan Instrumen Penilaian Kognitif. |
Subjects: | L Education > Special Education > Chemistry Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 19 Oct 2017 14:36 |
Last Modified: | 19 Oct 2017 14:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26809 |
Actions (login required)
View Item |