PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA
Hidayatun Nisa , 4301411019 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa dan sikap siswa selama pembelajaran kimia. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test and post-test kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol dan X MIA 8 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan hasil pre-test dan posttest, dokumentasi, observasi dengan lembar observasi afektif dan psikomotorik serta lembar angket penilaian sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dan peningkatan yang signifikan penerapan model PBM terhadap hasil belajar kognitif dan sikap siswa masing-masing sebesar 11,29% dan 10,24%. Peningkatan secara signifikan hasil belajar kognitif dan sikap siswa ditunjukkan dengan harga thitung berturut-turut 2,31 dan 4,46 yang lebih besar dari ttabel 1,99. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada materi Ikatan kimia memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif dan sikap siswa pada pembelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Problem Based Learning, Sikap Siswa |
Subjects: | L Education > Special Education > Chemistry Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 13:36 |
Last Modified: | 13 Oct 2017 13:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26777 |
Actions (login required)
View Item |