PENENTUAN KEDALAMAN OPTIMUM ANOMALI GAYA BERAT DENGAN METODE KORELASI ANTARA ANALISIS SPEKTRUM DAN CONTINUATION STUDI KASUS SEMARANG JAWA TENGAH


Purwaditya Nugraha , 4211412036 (2016) PENENTUAN KEDALAMAN OPTIMUM ANOMALI GAYA BERAT DENGAN METODE KORELASI ANTARA ANALISIS SPEKTRUM DAN CONTINUATION STUDI KASUS SEMARANG JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4211412036.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode gaya berat merupakan salah satu metode geofisika yang didasarkan pada pengukuran variasi medan gaya berat dibumi. Variasi medan gaya berat dipermukaan bumi disebabkan oleh adanya variasi densitas batuan dibawah permukaan bumi, jenis batuan, dan perbedaan topografi. Anomali gaya berat atau anomali bouger merupakan superposisi atau penjumlahan oleh semua sumber anomali dibawah permukaan bumi, yaitu anomali regional dan anomali residual. Penentuan kedalaman anomali regional sangatlah penting untuk interptretasi struktur bawah permukaan sehingga dilakukan penelitian untuk menentukan kedalaman optimum anomali regional dengan mengkorelasikan metode moving average berdasarkan analisa spektrum dengan upward continuation. Metode korelasi diuji terlebih dahulu pada model sintetis sehingga didapatkan hasil yang valid yaitu sesuai dengan model. Kemudian metode korelasi ini diaplikasikan pada data lapangan kota Semarang tahun 2014 dan didapatkan kedalaman anomali regional yang optimum pada kedalaman 700 meter dibawah permukaan tanah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Anomali bouger, Anomali regional, Kedalaman Optimum
Subjects: Q Science > QC Physics > Geophysics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2017 17:31
Last Modified: 12 Oct 2017 17:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26739

Actions (login required)

View Item View Item