RANCANG BANGUN pH METER DENGAN SENSOR E-201C BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO UNTUK DITERAPKAN PADA MESIN PENCUCI FILM RADIOGRAFI SINAR-X


MUCHAMAD NGAFIFUDDIN , 4211412034 (2016) RANCANG BANGUN pH METER DENGAN SENSOR E-201C BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO UNTUK DITERAPKAN PADA MESIN PENCUCI FILM RADIOGRAFI SINAR-X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4211412034.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pencucian film merupakan langkah untuk menghasilkan gambar tampak yang berasal dari gambar laten hasil foto sinar-X. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil gambar adalah konsentrasi (pH) larutan fixer mesin pencuci film. pH larutan dapat diukur dengan menggunakan pH meter, namun di laboratorium fisika medik UNNES masih dengan cara manual. Pengukuran secara manual ini tidak kompatibel dengan mesin pencuci film radiografi otomatis, sehingga perlu dibuat alat pengukuran pH yang kompatibel dengan mesin pencuci film radiografi otomatis. Pada penelitian ini telah dilakukan rancang bangun pH meter digital berbasis mikrokontroler arduino uno dengan interfacing Personal Computer (PC). Rancang bangun alat ini menggunakan sensor pH E-201C, mikrokontroler arduino uno, dan menggunakan PC sebagai tampilannya. Pengambilan data dilakukan menggunakan variasi larutan buffer. Hasil dari karakterisasi sensor menunjukkan bahwa sensor memiliki nilai sensitivitas 46,2mV/pH pada suhu 28oC. Pengukuran pada larutan asam (pH < 7) menghasilkan tegangan keluaran sensor yang bernilai positif, pada pengukuran larutan netral (pH = 7) menghasilkan tegangan keluaran mendekati nol, dan pada pengukuran larutan basa (pH > 7) menghasilkan tegangan yang bernilai negatif.pH meter yang dibuat mampu mengukur pH pada rentang nilai pH 1,6 sampai dengan 11 dengan ketelitian 99%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa alat yang telah dibuat layak digunakan sebagai alat ukur pH pada mesin pencuci film radiografi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Larutan fixer, sensor E-201C, arduino uno, pH meter digital
Subjects: Q Science > QC Physics
T Technology > TR Photography
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2017 15:45
Last Modified: 12 Oct 2017 15:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26733

Actions (login required)

View Item View Item