KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ANCHORED INSTRUCTION DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA MATERI EFEK PEMANASAN GLOBAL


Dian Erawarni , 4201412120 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ANCHORED INSTRUCTION DENGAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA MATERI EFEK PEMANASAN GLOBAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412120.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada kurikulum 2013 tingkat SMA/MA kelas XI terdapat materi baru untuk mata pelajaran Fisika yaitu efek pemanasan global. Materi efek pemanasan global ini, belum banyak diketemukan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan tujuan pembelajaran materi tersebut. Karakteristik materi efek pemanasan globa membutuhkan kemampuan berpikir kritis siswa untuk mengatasi pemanasan global yang sedang terjadi pada bumi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran anchored instruction dengan pendekatan quantum learning untuk materi efek pemanasan global dan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Berdasarkan tujuan tersebut sampel yang digunakan adalah kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 SMA Negeri 2 Magelang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan one group pre-test and post-test design. Intrumen penelitian yang digunakan adalah soal tertulis dengan indikator berpikir kritis menurut Ennis dan perangkat pembelajaran. Keefektifan model pembelajaran anchored instruction dengan pendekatan quantum learning terhadap materi efek pemanasan global dapat diketahui melalui ketuntasan belajar siswa secara individu dan klasikal setelah mengerjakan soal. Hasil uji ketuntasan belajar individu menggunakan t-test satu sampel diperoleh 2,87 = 2,655, artinya hasil tersebut menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran anchored instrucion dengan pendekatan quantum learning telah mencapai KKM. Sementara itu, hasil uji ketuntasan belajar klasikal menggunakan uji proporsi diperoleh , yang artinya hasil belajar siswa dengan model pembelajaran anchored instruction dengan pendekatan quantum learning mencapai ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis siswa telah mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dihitung dengan menggunakan uji gain dan diperoleh hasil perhitungan sebesar 0,57 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran anchored instruction dengan pendekatan quantum learning efektif untuk materi efek pemanasan global dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: anchored instruction, quantum learning, berpikir kritis, efek pemanasan global.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2017 16:53
Last Modified: 10 Oct 2017 16:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26711

Actions (login required)

View Item View Item