Peningkatan Keterampilan Membaca untuk Menemukan Gagasan Utama dalam Artikel dengan Metode CIRC dan Teknik Permainan Media Tempel pada Siswa Kelas IX SMP 1 Jiken Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2010/2011.


Agestia Putri Nusanatari, 2101407037 (2011) Peningkatan Keterampilan Membaca untuk Menemukan Gagasan Utama dalam Artikel dengan Metode CIRC dan Teknik Permainan Media Tempel pada Siswa Kelas IX SMP 1 Jiken Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Membaca untuk Menemukan Gagasan Utama dalam Artikel dengan Metode CIRC dan Teknik Permainan Media Tempel pada Siswa Kelas IX SMP 1 Jiken Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2010/2011.]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Membaca untuk Menemukan Gagasan Utama dalam Artikel dengan Metode CIRC dan Teknik Permainan Media Tempel pada Siswa Kelas IX SMP 1 Jiken Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2010/2011.) - Submitted Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan membaca merupakan dasar semua proses belajar. Pembelajaran membaca telah mendapatkan perhatian yang cukup, namun minat baca siswa sangat kurang. Hal ini terjadi di SMP Negeri 1 Jiken Kabupaten Blora pada siswa kelas IX. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan peneliti, diperoleh informasi dari pihak guru bahwa siswa di Kabupaten Blora mengalami kesulitan membaca khususnya dalam menentukan gagasan utama dari artikel ataupun tajuk. Selain itu, minat belajar siswa kurang sehingga hasil belajar yang dicapai masih rendah. Oleh karena itu, masalah tersebut perlu diatasi menggunakan metode CIRC dengan media tempel pada siswa kelas IX SMP 1 Jiken Kabupaten Blora. Metode CIRC adalah metode yang mengelompokan siswa secara heterogen agar siswa mampu saling membantu satu dengan yang lain. Aspek lain yang mendukung pembelajaran ini adalah penggunaan media tempel. Media ini dapat memberikan selingan permainan bagi siswa agar bersemangat belajar. Berdasarkan paparan di atas, peneliti mengangkat permasalahan, yaitu bagaimanakah proses pembelajaran menggunakan metode CIRC dan teknik permainan media tempel yang berorientasi pada peningkatan kompetensi membaca untuk menemukan gagasan utama dari artikel pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Jiken Kabupaten Blora, bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca untuk menemukan gagasan utama dari artikel dengan metode CIRC dan teknik permainan media tempel pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Jiken Kabupaten Blora, dan bagaimanakah perubahan perilaku belajar siswa kelas IX SMP Negeri 1 Jiken Kabupaten Blora setelah dilakukan pembelajaran keterampilan membaca untuk menemukan gagasan utama dari artikel dengan metode CIRC dan teknik permainan media tempel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan metode CIRC dan teknik permainan media tempel yang berorientasi pada peningkatan kompetensi membaca untuk menemukan gagasan utama dari artikel pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Jiken Kabupaten Blora, mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca untuk menemukan gagasan utama dari artikel dengan metode CIRC dan teknik permainan media tempel pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Jiken Kabupaten Blora, dan mendeskripsikan perubahan perilaku belajar siswa kelas IX SMP Negeri 1 Jiken Kabupaten Blora setelah dilakukan pembelajaran keterampilan membaca untuk menemukan gagasan utama dari artikel dengan metode CIRC dan teknik permainan media tempel. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas IX C SMP Negeri 1 Jiken Kabupaten Blora. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk menganalisis data kuantitatif yang berupa nilai siswa. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menganalisis dan mendeskripsikan data yang diperoleh melalui observasi berupa perilaku ekologis, catatan harian, sosiometri, wawancara, dan dokumentasi foto. Proses pembelajaran membaca untuk menemukan gagasan utama dalam artikel menggunakan metode CIRC dan teknik permainan media tempel pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan ke arah positif. Pada siklus I, belum terlalu siap menerima pembelajaran, siswa masih bingung mengenai kehadiran peneliti sebagai guru dikelas. Pada pembelajaran siklus II, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran sudah berjalan dengan baik dan menujukan peningkatan dibanding siklus I. Berdasarkan analisis data penelitian keterampilan membaca untuk menemukan gagasan utama dalam artikel pada siswa kelas IX C SMP Negeri 1 Jiken hasil siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Pada pembelajaran siklus I nilai rata-rata siswa adalah 54,4 dan dalam kategori kurang. Nilai rata-rata siswa setelah diberi tindakan pada siklus II adalah 73,09 dan berkategori baik. Peningkatan nilai rata-rata siswa setelah diberi tindakan siklus I dan siklus II sebesar 14,65 %. Perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran keterampilan membaca untuk menemukan gagasan utama dalam artikel sangat positif. Siswa memperhatikan penjelasan guru selama proses pembelajaran, siswa lebih aktif merespon instruksi guru, dan siswa antusias mengikuti pembelajaran keterampilan membaca untuk menemukan gagasan utama dalam artikel menggunakan metode CIRC dan teknik permainan media tempel. Saran yang disampaikan yaitu; (1) guru bahasa Indonesia sebaiknya menggunakan cara mengajar yang mampu mendorong peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran bahasa Indonesia dapat tercapai; (2) guru bahasa Indonesia lebih kreatif dalam menentukan metode dan media dalam pembelajaran bahasa Indonesia; (3) sSiswa hendaknya lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia dan cabang ilmu lain sehingga dapat diperolah hasil yang maksimal dan memuaskan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca artikel, metode CIRC, dan permainan media tempel
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 25 Mar 2011 03:40
Last Modified: 25 Apr 2015 03:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/267

Actions (login required)

View Item View Item