PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIFRAKSI DARI BAHAN ALAM BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF


Jotti Karunawan , 4201412037 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIFRAKSI DARI BAHAN ALAM BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412037.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan usaha untuk mencapai kompetensi siswa yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif. Pada umumnya siswa tidak terbiasa mendapatkan pembelajaran yang melatih kompetensi kelancaran berpikir, keluwesan berpikir, originalitas berpikir, dan kemampuan elaborasi. Pembelajaran yang fleksibel diperlukan untuk mengembangkan pola pikir divergen siswa dengan kompetensi kreatif. Pembelajaran yang fleksibel dapat diwujudkan dengan bahan ajar dan model pembelajaran yang inovatif. Model pembelajaran PjBL mampu meningkatkan kemampuan berpikir divergen. Bahan ajar yang menuntun siswa menyelidiki fenomena fisika menggunakan bahan sekitar diperlukan sebagai pegangan siswa. Penelitian ini berfokus untuk mengembangkan bahan ajar difraksi dari bahan alam berbasis project based learning yang bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini dilakukan di kelompok ilmiah remaja SMA Negeri 1 Tayu. Prosedur penelitian meliputi: 1) Penelitian pendahuluan kisi bahan alam; 2) Perencanaan; 3) Pengembangan produk; 4) Uji coba lapangan. Data kreativitas siswa diperoleh dari observasi langsung dan angket penilaian produk siswa. Hasil validasi bahan ajar menunjukkan skor rata-rata 91.6%. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahan ajar mudah dipahami dengan skor 97%. Hasil implementasi bahan ajar melalui pembuatan proyek kisi bahan alam yang digunakan untuk eksperimen kisi difraksi menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa sedang hingga tinggi. Kemampuan berpikir kreatif siswa ditunjukkan dengan kelancaran berpikir, keluwesan, dan kemampuan menguraikan siswa yang tinggi tetapi originalitas berpikir kurang maksimal. Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar difraksi dari bahan alam berbasis project based learning dapat digunakan dalam pembelajaran materi difraksi yang bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Difraksi, Bahan alam, PjBL, Berpikir Kreatif
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2017 18:02
Last Modified: 06 Oct 2017 18:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26678

Actions (login required)

View Item View Item