ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP BERDASARKAN KARAKTERISTIK PREFERENSI SENSORI RAGAM BELAJAR (LEARNING STYLE) SISWA SMA KELAS X PADA POKOK BAHASAN OPTIKA GEOMETRI
Jelia Fetmi Amalia , 4201412027 (2016) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP BERDASARKAN KARAKTERISTIK PREFERENSI SENSORI RAGAM BELAJAR (LEARNING STYLE) SISWA SMA KELAS X PADA POKOK BAHASAN OPTIKA GEOMETRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan observasi siswa kelas X di SMA N 8 Semarang, diperoleh bahwa rata-rata siswa mengalami kesulitan dalam belajar fisika dikarenakan fisika banyak menggunakan rumus untuk menyelesaikan soal dan perannya guru dalam membimbing siswa dalam menyampaikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ragam belajar siswa, pemahaman konsep siswa dan pemahaman konsep berdasarkan preferensi sensori ragam belajar siswa pada pokok bahasan optika geometri. Subjek penelitian kelas X berjumlah 65 siswa di SMA N 8 Semarang. Metode pengambilan data untuk mengetahui pemahaman konsep dan ragam belajar siswa menggunakan test uraian yang dilengkapi CRI (Certainty of Response Index) dan test angket. Kegunaan CRI untuk mengindikasikan siswa memahami konsep, miskonsepsi atau tidak paham konsep. Ragam belajar dalam penelitian ini adalah ragam belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Selain menggunakan test tertulis dan tes angket, dalam penelitian ini juga menggunakan wawancara. Wawancara ragam belajar siswa dilakukan oleh 24 siswa dari pemilihan purposive sampling yang kemudian melalui teknik snowball sampling diambil hanya 6 subjek penelitian yaitu 2 subjek visual, 2 subjek auditorial, dan 2 subjek kinestetik. Dari analisis diketahui ragam belajar siswa kelas X di SMA N 8 Semarang yang paling mendominasi adalah ragam belajar visual yaitu sebesar 41,53%. Pemahaman konsep siswa kelas X di SMA N 8 Semarang memahami konsep 30,74%, miskonsepsi 31,29%, dan tidak memahami konsep 37,29%. Pemahaman konsep subjek berdasarkan ragam belajar visual cenderung mengalami miskonsepsi, adanya miskonsepsi karena siswa visual tidak bisa menyampaikan kata-kata. Temuan lain subjek visual cenderung tidak memahami konsep karena subjek terlalu singkat dalam menjelaskan konsep dan cenderung tidak yakin. Secara keseluruhan, subjek visual memiliki tingkat pemahaman konsep yang cukup rendah dibanding dengan ragam belajar auditorial dan kinestetik. Pemahaman konsep subjek auditorial cenderung tidak memahami konsep. Subjek auditorial tidak banyak mengalami miskonsepsi, terjadi miskonsepsi hanya tentang cacat mata rabun jauh. Dari analisis, subjek auditorial dikatakan sudah cukup baik memahami konsep dibandingkan dengan subjek visual atau kinestetik. Pemahaman konsep ragam belajar kinestetik cenderung tidak memahami konsep. Berbeda dengan temuan kinestetik yang lain cenderung mengalami miskonsepsi tetapi memahami konsep tentang bentuk fisis lensa, sifat bayangan pada dua sisi sendok, dan bagian alat optik mikroskop. Dalam mengerjakan soal tes tertulis subjek kinestetik memiliki tulisan tangan yang tidak rapi. --------------------------------------- ABSTRACT This research is based on observation by students 10th grade at SMA N 8 Semarang, found that average students have difficulty learning physics because many use a formula to resolve the problem and the role of teachers in guinding students in presenting the material. This research is cualitative aimed to analyze the students learning style, students understanding of the concept and understanding of concepts based on the preferences of sensory students learning style in the geometrical optics material. Research subject is students 10th grade are 65 students at SMA N 8 Semarang. The method to determine the understanding concept and students learning style using a description test that comes CRI (Certainty of Response Index) and the questionnaire test. CRI usefulness to indicate the students understand the concepts, misconceptions, or do not understand the concept. Learning style in this research are visual, auditory, and kinesthetic. In addition research also uses interviews. Interview students learning style is done by 24 students from the selection of purposive sampling and then through a snowball sampling technique was taken just 6 research subjects are 2 visual subjects, 2 auditory subjects, and 2 kinesthetic subjects. From the analysis, students learning style of 10th grade most domination is visual learning style that equal to 41,53%. Understanding the concept of student 10th grade understand the concept of 30,74%, 31,29% misconceptions, and do not understand the concept of 37,29%. Understanding the concept of the subject based on the style of visual learning tend to have misconceptions. Another finding visual subjects tend not to understand the concept because subject is too short in explaining the concept and tend not sure. Overall, the visual subject has a level of understanding of the concept which is substantially lower than with a style of auditory learning and kinesthetic learning. Understanding the concept of auditory subjects tend not understand the concept. Auditory subject did not any misconceptions, misconceptions occur just about myope eye defects. Auditory subject is good enough to undestand the concept of the subject compared with visual or kinesthetic. Undertanding the concept of kinesthetic learning style tend to not undertand to the concept. In contrast to the finding of other kinesthetic tend to have misconceptions but understanding the concept about physical shape of the lens, the nature of the shadow on the two sides of the spoon, and part optical instrumen miscroscope. In doingg wrtitten test, kinesthetic subjects have sloopy handwritting.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep, Ragam Belajar, Optika Geometri Copceptual Understanding, Learning Style, Geometrical Optics |
Subjects: | |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 06 Oct 2017 13:26 |
Last Modified: | 06 Oct 2017 13:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26671 |
Actions (login required)
View Item |