PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LITERASI SAINS MATERI FLUIDA STATIS
Fajar Hidayani , 4201412025 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LITERASI SAINS MATERI FLUIDA STATIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan penguasaan sains sering disebut dengan istilah literasi sains. Berdasarkan hasil studi PISA 2012 menyatakan bahwa kemampuan literasi sains siswa Indonesia menduduki peringkat ke-64 dari 65 negara. Kemampuan literasi sains juga dipengaruhi oleh bahan ajar yang digunakan. Berdasarkan analisis awal terhadap dua buah buku fisika menunjukan bahwa komponen literasi sains belum proporsional. Mengacu pada fakta mengenai rendahnya kemampuan literasi sains siswa dan belum tersedianya bahan ajar fisika yang memuat komponen literasi sains secara proporsional, maka dilakukan penelitian pengembangan bahan ajar fisika berbasis literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar fisika yang memiliki muatan literasi sains seimbang, layak digunakan, mudah dipahami oleh siswa, dan dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Desain penelitian ini menggunakan R n D (Research and Development) dengan sepuluh langkah penelitian yang dilakukan meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk awal, revisi produk, uji coba produk akhir, revisi produk, dan produk akhir. Uji coba produk dilakukan di SMA N 1 Pekalongan dengan model pembelajaran discovery learning menggunakan bahan ajar berbasis literasi sains. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh perbandingan muatan literasi sains dalam bahan ajar yang dikembangkan dengan perbandingan 40% : 20% : 20% : 20% untuk aspek sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan, sains sebagai cara menyelidiki, sains sebagai cara berpikir dan interaksi sains teknologi dan masyarakat. Berdasarkan uji kelayakan oleh guru fisika dan dosen fisika dapat dinyatakan bahan ajar layak digunakan dengan skor rata-rata kelayakan isi 93,75%, kelayakan penyajian 95%, kelayakan bahasa 90,38%, kelayakan grafis 94,32%, dan kelayakan literasi sains 87,96%. Berdasarkan uji kelayakan tersebut maka bahan ajar berbasis literasi sains materi fluida statis sangat layak digunakan. Berdasarkan uji keterbacaan dengan tes rumpang bahan ajar yang dikembangkan memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi dengan skor rata-rata 90,39%. Hal tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis literasi sains mudah dipahami oleh siswa. Berdasarkan uji gain, besar peningkatan kemampuan literasi siswa yang menggunakan bahan ajar berbasis literasi sains dan yang menggunakan bahan ajar yang digunakan di sekolah masing-masing sebesar 0,56 dan 0,28. Berdasarkan hasil tersebut maka bahan ajar berbasis literasi sains mampu meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Literasi Sains, Fluida Statis |
Subjects: | |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 06 Oct 2017 11:46 |
Last Modified: | 06 Oct 2017 11:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26670 |
Actions (login required)
View Item |