KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA PADA BERBAGAI BENTUK REPRESENTASI SOAL
Feri Setiyani , 4201412001 (2016) KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA PADA BERBAGAI BENTUK REPRESENTASI SOAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penilaian keberhasilan dalam pendidikan tidak dapat dipisahkan dari pengukuran kemampuan siswa. Kemampuan siswa dapat diukur dengan menggunakan alat ukur yang sering dikenal dengan nama “tes”. Kemampuan siswa yang dapat diukur dengan tes salah satunya ialah kemampuan dalam memecahkan masalah dari setiap soal yang diujikan. Salah satu karakter permasalahan diantaranya ditunjukkan oleh format representasi soal yang disajikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bentuk representasi soal dan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah fisika pada berbagai bentuk representasi soal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas X-1, dan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini purposive sampling. Data penelitian berupa hasil tes tertulis dan hasil wawancara, serta catatan lapangan atau dokumentasi. Hasil analisis varian satu jalur untuk pengaruh bentuk representasi soal menghasilkan F sebesar 49,35 yang lebih besar dari F tabel. Persentase hasil analisis kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada berbagai bentuk representasi adalah 67% representasi soal dalam bentuk gambar, 63% soal dalam bentuk verbal, 51% dalam bentuk grafik, dan 41% dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah termasuk dalam kategori cukup baik, dan sesuai dengan langkah pemecahan masalah menurut Heller. Akan tetapi, siswa memvisualisasikan setiap bentuk representasi soal dengan cara berbeda-beda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa representasi soal berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah fisika, dan kemampuan siswa memecahkan masalah fisika dalam bentuk gambar, verbal, grafik, berkategori sedang, sedangkan representasi dalam bentuk tabel berkategori rendah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan siswa, pemecahan masalah, representasi soal. |
Subjects: | |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 05 Oct 2017 15:52 |
Last Modified: | 05 Oct 2017 15:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26661 |
Actions (login required)
View Item |