ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA FISIKA TERHADAP PEMBENTUKAN BAYANGAN PADA LENSA


Wahyu Noor Hidayat , 4201411116 (2016) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA FISIKA TERHADAP PEMBENTUKAN BAYANGAN PADA LENSA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411116.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Konsep merupakan hal yang harus dipahami dan dikuasai dalam mempelajari materi fisika. Lensa adalah salah satu kajian dari materi fisika yang memerlukan pemahaman konsep secara mendalam. Pada materi lensa, proses pembentukan bayangan menjadi hal yang penting untuk dibahas karena dalam proses pembentukan bayangan terdapat konsep-konsep yang berguna untuk menjelaskan sifat dari bayangan, fenomena yang ada pada lensa, dan aplikasinya. Konsep pembentukan bayangan inilah yang harus dikuasai oleh mahasiswa. Pada umumnya mahasiswa yang tidak memahami konsep dan tidak mengalami penguatan tentang suatu materi, pemahaman konsepnya menurun bahkan mengalami pergeseran. Untuk mengetahui pemahaman konsep mahasiswa tentang topik pembentukan bayangan pada lensa, dilakukan penelitian kualitatif pada mahasiswa jurusan Fisika. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap. Tahap pertama adalah tes tertulis dan tahap kedua adalah tes wawancara. Wawancara dilakukan untuk menkonfirmasi jawaban dari tes tertulis. Hasil dari tes tertulis dan tes wawancara dianalisis untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa tingkat pemahaman konsep mahasiswa terhadap pembentukan bayangan semakin meningkat. Hal ini ditunjukkan dari jumlah mahasiswa responden yang menjawab benar ketika tes tertulis jumlahnya semakin meningkat saat tes wawancara dan rata-rata jumlah responden yang menjawab benar jumlahnya lebih dari setengah dari jumlah total responden. Peningkatan pemahaman konsep ini terjadi dikarenakan mahasiswa responden lebih siap ketika melakukan tes wawancara daripada saat melakukan tes tertulis. Mahasiswa responden sudah lebih siap karena ingatan dari responden dibangkitkan lagi setelah tes tertulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konsep, Pemahaman Konsep, Lensa.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2017 15:14
Last Modified: 05 Oct 2017 15:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26657

Actions (login required)

View Item View Item