MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI LESSON STUDY PADA SISWA KELAS II SDN KETUWAN 2 KECAMATAN KEDUNGTUBAN KABUPATEN BLORA


Heni Kusti’ah , 1402908080 (2011) MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI LESSON STUDY PADA SISWA KELAS II SDN KETUWAN 2 KECAMATAN KEDUNGTUBAN KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI LESSON STUDY PADA SISWA KELAS II SDN KETUWAN 2 KECAMATAN KEDUNGTUBAN KABUPATEN BLORA]
Preview
PDF (MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI LESSON STUDY PADA SISWA KELAS II SDN KETUWAN 2 KECAMATAN KEDUNGTUBAN KABUPATEN BLORA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SDN Ketuwan 2 Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora ditemukan masalah dalam pembelajaran di kelas II SD karena guru dalam mengajar belum menerapkan pembelajaran tematik ataupun membuat RPP tematik dan guru juga tidak menggunakan alat peraga untuk mengaktifkan siswa, guru hanya menjelaskan materi kepada siswa setelah itu memberikan tugas sebagai kegiatan akhir pembelajaran, sehingga keaktifan siswa selama proses pembelajaran kurang tampak dan hasil belajar rendah. Dalam Permendiknas no 22 tahun 2006 sudah di sebutkan bahwa pembalajaran pada kelas I s/d III menggunakan pembelajaran tematik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah pembelajaran tematik melalui Lesson Study dapat meningkatkan aktivitas guru SD Negeri Ketuwan 2? (2) Apakah pembelajaran tematik melalui Lesson Study dapat meningkatkan aktivitas siswa SD Negeri Ketuwan 2? (3) Apakah pembelajaran tematik melalui Lesson Study dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II semester I SD Negeri Ketuwan 2?. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: (1) Untuk meningkatkan aktivitas guru dalam pembelajaran tematik melalui Lesson Study pada SDN Ketuwan 2 Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. (2) Untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran tematik melalui Lesson Study pada SDN Ketuwan 2 Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. (3) Untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran tematik melalui Lesson Study pada siswa kelas II SDN Ketuwan 2 Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. Penelitian ini dilaksanaan melalui Lesson Study. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SDN Ketuwan 2 dengan jumlah 23 siswa, terdiri dari siswa laki-laki 14 anak dan siswa perempuan 9 anak. Variabel/ faktor yang diselidiki pada penelitian ini adalah pembelajaran tematik melalui Lesson Study pada siswa kelas II SD Negeri Ketuwan 2 meliputi aktivitas guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes, lembar observasi/pengamatan, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata skor aktivitas guru pada siklus I 2,8 dengan rata-rata persentase aktivitas guru 71% dengan kategori baik dan rata-rata skor aktivitas guru siklus II 3,4 dengan kategori sangat baik dengan rata-rata persentase 86% kategori sangat baik. Tahapan Lesson Study pada siklus I memperoleh rata-rata 3,4 kategori sangat baik dengan rata-rata presentase tahap Lesson Study 86,5 kategori sangat baik dan pada siklus II tahap Lesson Study meningkat menjadi skor rata-rata 4 kategori sangat baik dengan rata-rata persentase Lesson Study 100% kategori sangat baik. Hasil rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 2,3 dengan kriteria baik dan rata-rata persentase aktivitas siswa 58% kategori cukup, sedangkan siklus II 3,2 dengan kategori sangat baik dan rata-rata persentase aktivitas siswa 87% kategori sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal hanya 7 dari 23 siswa yang mencapai KKM (65) dan setelah dilaksanakan tindakan penelitian menunjukkan 21 dari 23 siswa yang mencapai KKM (65). Rata-rata hasil belajar yang diperoleh pada pembelajaran tematik melalui Lesson Study siklus I 60,43 dengan persentase 60% dengan kategori tidak tuntas dan Siklus II 77,82 dengan persentase 91% kategori tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui Lesson Study dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tematik siswa kelas II SDN Ketuwan 2 Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. Saran bagi guru Lesson Study sebagai pedoman untuk melaksanakan pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran Tematik, Lesson Study
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 May 2011 03:08
Last Modified: 25 Apr 2015 04:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2661

Actions (login required)

View Item View Item