IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH PENGEMBANGAN DAN PERCONTOHAN SMA NEGERI BATANG TAHUN 2014/2015
Yan Sonyardhi Putra , 6101410035 (2015) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH PENGEMBANGAN DAN PERCONTOHAN SMA NEGERI BATANG TAHUN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kurikulum 2013 saat ini diberhentikan sementara oleh Pemerintah namun tidak semua dan dikembalikan dengan Kurikulum sebelumnya yaitu KTSP hingga menimbulkan banyak pro dan kontra. Sekolah yang telah menerapkan K-13 diberi kesempatan untuk melanjutkannya atau mengembalikan pada KTSP, dari sini masih ditemukan beberapa permasalahan implementasi K-13. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran Penjasorkes di SMA Negeri 1 Batang dan SMA Negeri 2 Batang tahun 2014/2015? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran Penjasorkes di SMA Negeri 1 Batang dan SMA Negeri 1 Batang tahun 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif,yaitu penelitian dengan memberikan gambaran tentang fakta-fakta aktual di lapangan. Objek penelitian berjumlah 2 sekolah yang menjadi sekolah pengembangan dan percontohan di Kabupaten Batang. Masing-masing sekolah terdiri dari 3 responden, yaitu wakasek kurikulum, guru penjasorkes, dan siswa. Yang berjumlah 2 wakasek, 4 guru penjasorkes. Penarikan sampel untuk siswa menggunakan random sampling yang berjumlah 6 siswa tiap sekolah dengan total 12 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penyusunan hasil dimulai dari mereduksi data, menyajikan data hingga menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan analisis deskriptif kualitatif diketahui 2 sekolah telah menjalankan peran dan tugasnya sebagai sekolah pengembangan dan percontohan dengan cukup baik. Sasaran penelitian ini adalah pelaksanaan penerapan kurikulum 2013, kesiapan sekolah, penunjang pembelajaran, dan tanggapan pelaku di sekolah. Beberapa temuan dalam penelitian ini diantaranya adalah para guru dan siswa belum menerima bukubuku materi yang lengkap untuk pembelajaran Kurikulum 2013 dari Kemendikbud. Guru sudah menerima contoh silabus dan RPP yang resmi dari Kemendikbud baik di SMA Negeri 1 Batang maupun di SMA Negeri 2 Batang. Dalam pelaksanaan pembelajaran saintifik belum semua berjalan secara maksimal karena masih terdapat hambatan-hambatan yang ditemui, diantaranya adalah siswa belum percaya diri menunjukan kemampuannya dalam hal olahraga kepada teman-temannya, terkadang guru masih terbawa Kurikulum KTSP dalam melaksanakan pembelajaran, penilaian aspek yang sangat banyak membuat guru kesulitan dalam pengolahan nilai dan penambahan jam cukup memberatkan bagi jam pelajaran praktek di siang hari. Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan penelitian adalah (1) pelatihan kurikulum 2013 lebih ditingkatkan; (2) hendaknya sebelum pelaksanaan Kurikulum 2013 setiap sekolah melaporkan tentang kesiapan sekolah agar pelaksanaan penjasorkes berjalan maksimal; (3)hendaknya kepala sekolah atau guru penjasorkes dapat menyampaikan kelemahan Kurikulum 2013 ke dinas setempat, agar pemerintah dapat mengevaluasi kembali
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum 2013, Implementasi |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 28 Sep 2017 18:18 |
Last Modified: | 28 Sep 2017 18:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26585 |
Actions (login required)
View Item |