PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING GAME FORUNDERSTANDING (TGFU)PASSINGUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSEPAK BOLAPADA SISWA SMP KELAS VII B NEGERI 1 DONOROJO JEPARA TAHUN AJARAN 2013/2014


ICHWAN DWI PRABOWO , 6101409131 (2015) PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING GAME FORUNDERSTANDING (TGFU)PASSINGUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARSEPAK BOLAPADA SISWA SMP KELAS VII B NEGERI 1 DONOROJO JEPARA TAHUN AJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101409131.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang belum melibatkan siswa secara aktif, kurangnya metode mengajar, model pembelajaran, terbatasnya sumber belajar mengajar dan media pembelajaran yang masih kurang khususnya dalam pembelajaran sepak bola sehingga prestasi belajarnya pun kurang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui pendekatan Teaching Game For Understanding (TGFU) dapat meningkatkan hasil belajar sepak bola?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar passing sepak bola pada siswa SMP N 1 Doonorojodengan pendekatan Teaching Game For Understanding. Penelitian ini mengunakan metode penelitian tindakan kelas. Dalam pelaksanaannya siklus I satu kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan di SMP N 1 Donorojo, Jepara kelas VIIB padatahunajaran 2013/2014. Prosedur PTK meliputi empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data diperoleh dari hasil pengamatan, dokumentasi dan tes. Dengan instrumen pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Teknik analis data yang digunakan adalah deskriptif presentase. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil persentase pada siklus I, aspek psikomotor 70%, aspek afektif 79%, aspek kognitif 82%. Meningkat pada siklus II menjadi, aspek psikomotor 76%, aspek afektif 80%, aspek kognitif 87%. Hasil belajar pada siklus I yang dapat memenuhi KKM sebanyak 55% dari banyak siswa keseluruhan, dengannilai rata-rata 74,94. Pada siklus II meningkat menjadi 78% dari jumlah siswa keseluruhan, dengan nilai rata-rata 79,28. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis yang telah dilakukan, di peroleh simpulan bahwa proses pembelajaran sepak bola melalui pendekatan Teaching Game For Undestanding (TGFU) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B SMP N 1 Donorojo, Kecamatan Donorojo, Jepara. Dengan ditunjukkan adanya peningkatan hasil dari siklus I dan siklus II. Saran yang dapat disimpulkan berkaitan dengan hasil penelitian yaitu, peningkatan pembelajaran sepakbola melalui pendekatan TGFU sebagai penyampaian materi pembelajaran sepakbola di SMP. Penggunaan metode pembelajaran sesuai dengan tujuan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Bagi guru penjas di sekolah dapat mengembangkan model pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2017 19:14
Last Modified: 27 Sep 2017 19:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26576

Actions (login required)

View Item View Item