KEEFEKTIFAN MODEL COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN GUGUS DEWI SARTIKA SEMARANG


Aguinda Alnesa Ayu Gifari, 1401412189 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN GUGUS DEWI SARTIKA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1401412189.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis, rasional, dan kreatif dalam menangggapi isu-isu kewarganegaraan. Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan di SDN Gugus Dewi Sartika ditemukan permasalahan yaitu pembelajaran yang masih terfokus pada guru, sehingga siswa kurang aktif. Pada pembelajaran PKn, guru masih menggunakan metode ceramah, sehingga hasil belajar PKn siswa masih rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah model course review horay lebih efektif bila dibandingkan dengan metode ceramah terhadap hasil belajar PKn materi Keputusan Bersama di Kelas V SDN Gugus Dewi Sartika Semarang? Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn dengan model Course Review Horay materi Keputusan Bersama di kelas V SDN Gugus Dewi Sartika Semarang? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan model course review horay kelas V SD pada pembelajaran PKn materi keputusan bersama. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasinya yaitu semua siswa kelas V SDN Gugus Dewi Sartika Semarang. Sampel penelitian ini yaitu kelas V SDN Ungaran 02 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 38 siswa dan SDN Genuk 02 yang berjumlah 42 siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, uji perbedaan rata-rata dan uji gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model course review horay efektif digunakan pada pembelajaran PKn materi Keputusan Bersama. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji perbedaan rata-rata melalui uji t dengan taraf signifikansi 5% (0,05) diperoleh t-hitung sebesar 5,776 lebih besar dibandingkan dengan harga t-tabel yaitu sebesar 1,671 (5,776 > 1,671) dengan signifikansi (0,448 < 0,05), artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Ha diterima berarti ada perbedaan posttest antara kelas eksperimen dan peningkatan rata-rata gain sebesar 0,609 dengan kriteria sedang. Aktivitas siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 77,63% dibandingkan aktivitas kelas kontrol yaitu sebesar 70,21%. Simpulan penelitian ini yaitu model course review horay efektif digunakan pada pembelajaran Pkn materi keputusan bersama kelas V SDN Gugus Dewi Sartika Semarang. Penerapan model course review horay diharapkan dapat menjadi salah satu model inovatif untuk pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PKn; model course review horay; hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2017 14:10
Last Modified: 26 Sep 2017 14:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26558

Actions (login required)

View Item View Item