MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI LESSON STUDY PADA SISWA KELAS II SD NEGERI DELES 01 KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BATANG


Megawati , 1402908024 (2011) MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI LESSON STUDY PADA SISWA KELAS II SD NEGERI DELES 01 KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI LESSON STUDY PADA SISWA KELAS II SD NEGERI DELES 01 KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BATANG]
Preview
PDF (MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI LESSON STUDY PADA SISWA KELAS II SD NEGERI DELES 01 KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BATANG) - Updated Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Di SD Negeri Deles 01 cenderung menggunakan pembelajaran yang kurang memperhatikan kebutuhan dan pengembangan potensi siswa,serta cenderung bersifat teoritik. Peran guru masih sangat dominan. Pada saat pembelajaran guru tidak menggunakan pembelajaran tematik di karenakan guru masih kesulitan untuk memahami bagaimana caranya membelajarkan tematik,padahal dalam Permendiknas no 22 tahun 2006 sudah di sebutkan bahwa pembalajaran pada kelas I s/d III menggunakan pembelajaran tematik. Metode pembelajaran seperti itu berakibat pada prestasi belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan : (1) Meningkatkan aktivitas guru SD Negeri Deles 01 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang dengan pembelajaran tematik melalui lesson study. (2) Meningkatkan aktivitas belajar siswa SD Negeri Deles 01 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang dengan pembelajaran tematik melalui lesson study. (3) Meningkatkan hasil belajar siswa kelas II semester I SD Negeri Deles 01 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang dengan pembelajaran tematik melalui lesson study Subyek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Deles 01 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang sebanyak 9 siswa, terdiri dari 3 siswa berkemampuan akademik tinggi, 3 siswa berkemampuan akademik sedang dan 3 siswa berkemampuan akademik rendah. Variabel/ faktor yang diselidiki pada penelitian ini adalah aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata skor aktivitas guru pada siklus I adalah 2,7 dengan kriteria baik dan siklus II adalah 3,4 dengan kriteria sangat baik. Hasil rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 2,2 dengan kriteria baik dan siklus II adalah 3,1 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan rata-rata hasil belajar yang diperoleh pada pembelajaran Tematik melalui Lesson Study yakni siklus I dengan rata- rata 65 dengan ketuntasan belajar 66% dan siklus II dengan rata-rata 72,66 dengan ketuntasan belajar 83%. Saran bagi guru adalah sebaiknya guru melaksanakan refleksi tentang kelemahan dalam pembelajaran yang dilaksanakan untuk segera dicari pemecahannya, dengan kerjasama antara sesama guru dalam observer dapat mengetahui kekurangan agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, melalui Lesson study dapat digunakan sebagai sarana untuk merencanakan pembelajaran yang baik. Oleh sebab itu dalam merencanakan, melaksanakan dan merefleksi pembelajaran dibutuhkan kolaborasi guru, dosen dan observer agar hasil pembelajaran sesuai yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Tematik, Lesson Study
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 May 2011 01:46
Last Modified: 25 Apr 2015 04:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2653

Actions (login required)

View Item View Item