TARI GAMBIRANOM: PROSES PEMBELAJARAN DAN APRESIASI SISWA DI SD LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Gandes Nurseto, 0204513001 (2015) TARI GAMBIRANOM: PROSES PEMBELAJARAN DAN APRESIASI SISWA DI SD LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (636kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan seni tari perlu diberikan pada Sekolah Dasar karena keunikan, kebermaknaan terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk berapresiasi dalam proses pembelajaran didalam kelas dari Standart Kompetensi dan Kompetensi Dasar mengapresiasi karya seni tari tunggal nusantara dengan materi tari Gambiranom yang bertujuan untuk mengenalkan karya seni tari daerah lain. Masalah dalam penelitian ini bagaimana proses pembelajaran seni tari materi tari Gambiranom di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang dan bagaimana apresiasi siswa dalam pembelajaran seni tari di SD Laboratoroium Universitas Negeri Malang. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis proses pembelajaran seni tari materi tari Gambiranom dan mendeskripsikan serta menganalisis aspek apresiasi dalam pembalajaran seni tari materi tari Gambiranom di SD Laboratoroium Universitas Negeri Malang. Metode penelitian dilakukan secara kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan tahapan ferivikasi data, reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian dari rumusan masalah pertama proses pembelajaran seni tari materi tari Gambiranom di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang guru kurang dapat memaksimal proses pembelajaran yang PAIKEM dikarenakan dalam tahapan pembelajaran pertemuan I dan pertemuan 2 kegiatan aktif, inovatif, kreatif, efisien dan menyenangkan tidak selalu muncul. Hasil penelitian dari rumusan masalah kedua pembelajaran seni tari di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang menggunakan 4 aspek apresiasi aktif dan apresiasi pasif dalam proses pembelajarannya yaitu: (1) Tahap deksripsi yang bertujuan memberi gambaran tentang pesan yang terkandung dari tari Gambiranom, (2) tahap pemahaman/ analisis yang bertujuan mengupas bagian tekstual tentang struktur bentuk seni tari Gambiranom, (3) tahap intrepretasi/ penghayatan bertujuan untuk mengintrepretasi tekstual dan kontektual dari tari Gambiranom, (4) tahap penilaian/ evaluasi yang bertujuan memberikan atau menumbuhkan daya empati dan rasa penghargaan terhadap materi tari Gambiranom.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S2 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 18 Jul 2017 18:41 |
Last Modified: | 18 Jul 2017 18:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26486 |
Actions (login required)
View Item |