PENGARUH LATIHAN PLAYOMETRICS DAN POWER TERHADAP HASIL SHOOTING PADA PEMAIN SSB CAMAR MAS JAYA UNGARAN KABUPATEN SEMARANG


Ringki Nur Fajar, 0602513072 (2016) PENGARUH LATIHAN PLAYOMETRICS DAN POWER TERHADAP HASIL SHOOTING PADA PEMAIN SSB CAMAR MAS JAYA UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (343kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Perbedaan pengaruh metode latihan knee tuck jump dan barrier hops terhadap hasil shooting. 2) Perbedaan pengaruh antara kemampuan power tinggi dan power rendah terhadap hasil latihan shooting. 3) Interaksi antara metode latihan playometrics dan power terhadap hasil latihan shooting. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2, populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pemain SSB Camar Mas Jaya Ungaran Kabupaten Semarang. Besarnya sampel penelitian 24 pemain dari jumlah populasi 35 pemain dengan umur berusia 14-16 tahun. Teknik pengambilan sampel berdasarkan Purposive Sampling. Instrumen tes dalam penelitian ini yaitu : 1) Metode Latihan playometrics menggunakan knee tuck jump dan barrier hops. 2) tes power menggunakan standing broad jump. 3) Tes shooting. Teknik analisis data menggunakan ANAVA 2X2 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Lavene’s test. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : 1) Pada metode latihan playometrics didapat nilai Fhitung = 5,291, sedangkan Ftabel sebesar 4,351. Harga Fhitung lebih besar dari harga Ftabel (Fhitung > Ftabel). 2) Pada tes power didapat Fhitung = 30,476 sedangkan Ftabel sebesar 4,351. Harga Fhitung lebih besar dari harga Ftabel (Fhitung > Ftabel). 3) Interaksi antara metode latihan playometrics dan tes power didapat Fhitung = 8,942 sedangkan harga Ftabel diperoleh 4,351. Harga Fhitung lebih besar dari harga Ftabel (Fhitung > Ftabel). Simpulan : 1) Ada pengaruh yang signifikan antara metode latihan playometrics terhadap hasil shooting dalam permainan sepakbola. Pengaruh metode latihan barrier hops lebih baik dari metode latihan knee tuck jump. 2) Ada perbedaan pengaruh pemain yang memiliki power tinggi dan power rendah terhadap hasil latihan shooting dalam permainan sepakbola. Pemain yang memiliki power tinggi lebih baik dari yang memiliki power rendah. 3) Ada interaksi yang signifikan antara metode latihan playometrics dan power terhadap hasil latihan shooting dalam permainan sepakbola. Saran : Pelatih olahraga dapat menggunakan metode latihan playometrics barrier hops sebagai metode alternatif pada latihan shooting sepakbola dan bagi peneliti lain yang hendak mengadakan penelitian sejenis, diharapkan agar lebih mengembangkan penelitian dengan cakupan lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 18 Jul 2017 15:12
Last Modified: 18 Jul 2017 15:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26474

Actions (login required)

View Item View Item