PENGARUH LATIHAN KOORDINASI MATA-KAKI-TANGAN DAN TINGKAT KESEIMBANGANTERHADAP MOTORIK KASARANAK USIA DINI


NURTAJUDIN, 0602513002 (2015) PENGARUH LATIHAN KOORDINASI MATA-KAKI-TANGAN DAN TINGKAT KESEIMBANGANTERHADAP MOTORIK KASARANAK USIA DINI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan koordinasi dan tingkat keseimbangan terhadap motorik kasar anak usia dini di PAUD Kecil Ceria Pengadang Lombik Tengah. Motorik kasar sangat penting untuk mendukung untuk jenjang pendidikan selanjutnya. Metode penelitian ini adalah eksperimen yang melibatkan beberapa variabel, yaitu: l) variabel bebas, 2) variabel atributif, 3) variabel terikat pada anak usia dini 4 sampai 5 tahun yang berjumlah 20 orang anak. Teknik analisis data yang gunakan adalah teknik statistik anava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) terdapat perbedaan yang signifikan antara latihan koordinasi mata-kaki-tangan A dan mata-kaki-tangan B terhadap motorik kasar dengan nilai F hitung  F tabel (5,378  4,38) dan nilai signifikan sebesar 0,034 lebih kecil dari 0,05 (p  0,05). 2) ada perbedaan yang signifikan tingkat keseimbangan terhadap motorik kasar dengan nilai F hitung  F tabel (12,844  4,38) dan nilai signifikan sebesar 0,02 lebih kecil dari 0,05 (p  0,05). 3) tidak ada interaksi latihan koordinasi mata-kaki-tangan dan tingkat keseimbangan terhadap motorik kasar dengan nilai F hitung  F tabel (0,400  4,38) dan nilai signifikan sebesar 0,536 lebih besar dari 0,05 (p  0,05). Latihan koordinasi mata-kaki-tangan tidak berinteraksi pada anak dengan keseimbangan tinggi dan rendah. Kesimpulan hasil penelitian menyatakan latihan koordinasi mata-kaki-tangan dan tingkat keseimbangan tidak memberikan pengaruh terhadap motorik kasar. Tingkat keseimbangan tidak menjamin motorik kasar anak akan menjadi lebih baik. Saran menerapkan latihan agar dapat berfungsi secara efektif dalam meningkatkan motorik kasar dan memberikan stimulus kepada anak untuk melakukan gerak motorik kasar dalam aktivitas gerak sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 18 Jul 2017 14:58
Last Modified: 18 Jul 2017 14:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26470

Actions (login required)

View Item View Item