PENGEMBANGAN BASE-NET UNTUK SARANA LATIHAN PUKULAN FOREHAND DRIVE DAN BACKHAND DRIVE PADA PEMAIN TENIS KLUB PHAPROS SEMARANG


Lazuardy Akbar Fauzan, 0602513066 (2015) PENGEMBANGAN BASE-NET UNTUK SARANA LATIHAN PUKULAN FOREHAND DRIVE DAN BACKHAND DRIVE PADA PEMAIN TENIS KLUB PHAPROS SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (470kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah (1) pukulan forehand dan backhand paling banyak digunakan untuk mendapatkan poin, (2) pukulan bola jatuh dekat baseline dan net adalah pukulan yang baik, (3) perlu adanya pengembangan sarana latihan untuk melatih pukulan forehand dan backhand supaya hasil pukulan atlet jatuh dekat dengan net dan baseline, (4) perlu adanya sarana latihan untuk mengetahui kemampuan pukulan forehand dan backhand sesuai dengan teori yang benar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah atlet tenis klub Phapros Semarang kategori lanjut yaitu atlet yang sudah bisa melakukan forehan dan backhand yang berjumlah 20 atlet. Data respon keterterimaan produk diambil melalui kuesioner dan dianalisis secara deskriptif prosentase. Data efektifitas produk dianalisis menggunakan t-tes. Hasil penelitian ini adalah base-net untuk sarana latihan forehand dan backhand tenis. Tim ahli (dosen dan pelatih) memberikan respon sangat baik dengan nilai 81,25% manyatakan bahwa produk ini sangat layak digunakan untuk atlet kategori lanjut. Produk efektif untuk latihan forehand dengan t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 8,15 > 2,092. Produk efektif untuk latihan backhand dengan t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 8,13>2,092. Respon keterterimaan atlet terhadap produk sebesar 79,45% masuk kategori baik. Respon keterterimaan pelatih terhadap produk sebesar 79,58% masuk kategori baik. Simpulan penelitian ini adalah (1) produk yang dihasilkan yaitu base-net, (2) base-net dinyatakan valid atau dapat dipakai untuk atlet kategori lanjut, (3) base-net dinyatakan efektif untuk sarana sasaran latihan drive, (4) respon atlet dan pelatih terhadap produk baik. Saran hasil penelitian ini adalah (1) Pelatih tenis dapat menggunakan produk base-net untuk latihan forehand dan backhand, (2) Pembina klub tenis diharapkan dapat merekomendasikan dan menggunakan produk base-net untuk latihan forehand dan backhand, (3) Bagi yang akan menggunakan produk ini diharapkan mengetahui ukuran kolom sasaran produk base-net yang ada di atas net dan di lapangan dengan buku panduan dan video instruksional produk.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 18 Jul 2017 14:46
Last Modified: 18 Jul 2017 14:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26467

Actions (login required)

View Item View Item