IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BELA NEGARA DALAM MEMBENTUK KECERDASAN SOSIAL DI SMK PENERBANGAN KARTIKA AQASA BHAKTI SEMARANG


PUTRI RATNA SARI, 0301513022 (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BELA NEGARA DALAM MEMBENTUK KECERDASAN SOSIAL DI SMK PENERBANGAN KARTIKA AQASA BHAKTI SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan sosial merupakan hal yang sangat penting dalam pembentukan kepribadian peserta didik sebagai bekal menuju kedewasaan dan melalui pendidikan bela negara kecerdasan sosial siswa dibentuk. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis implementasi pendidikan bela negara dalam membentuk kecerdasan sosial siswa. Penelitian didalamnya yaitu: (1) mengetahui dan menganalisis implementasi pendidikan bela negara; (2) mengetahui dan menganalisis upaya membentuk kecerdasan sosial siswa dalam pelaksanaan pendidikan bela negara; (3) mengetahui dan menganalisis kendala yang dihadapi dan solusi yang dilakukan sekolah dalam pelaksanaan pendidikan bela negara dalam upaya membentuk kecerdasan sosial siswa. Implementasi pendidikan bela negara yang dianalisis terdiri dari kegiatan pendidikan calon siswa, kegiatan pembaretan, pencerahan, kegiatan kenaikan pangkat, kegiatan pendidikan pra OJT dan berbagai kegiatan di sekolah. Pendekatan yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, instruktur, guru BK, guru PKn, dan siswa. Teknik keabsahan data untuk menjamin adanya kredibilitas data dilakukan dengan cara triangulasi sumber yaitu membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan dengan waktu dan alat yang berbeda untuk memperoleh keabsahan data dari informan yang lain. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan bela negara diterapkan ke dalam intra kurikuler, ekstra kurikuler dan kultur sekolah. Semangat jiwa korsa dalam pendidikan bela negara yang diterapkan untuk membentuk kecerdasan sosial siswa memunculkan fanatik dalam memahami kebersamaan. Perkelahian, dan saling meremehkan kelompok lain dalam hubungan sosial masih terjadi. Hal ini dapat mengurangi nilai kecerdasan sosial. Kendala yang dihadapi sekolah dalam menerapkan pendidikan bela negara untuk membentuk kecerdasan sosial siswa adalah kurangnya komunikasi dan perhatian orangtua serta karakter siswa yang dipengaruhi oleh lingkungan sebelumnya. Selain itu, kurangnya kemampuan guru untuk menjadi instruktur menjadi hambatan dalam menjalankan kegiatan di sekolah. Pendidikan bela negara yang dilakukan secara terintegrasi dalam setiap kegiatan di sekolah juga telah menjadi rutinitas dan ciri khas sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 03 May 2017 14:49
Last Modified: 03 May 2017 14:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26456

Actions (login required)

View Item View Item