IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SMP NEGERI 1 TAMBAKROMO PATI
Dwi Susongko Hery Wibisono, 0301513008 (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SMP NEGERI 1 TAMBAKROMO PATI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (214kB) | Preview |
Abstract
Dampak dari anak yang ditinggal merantau orang tua karena alasan ekonomi mengakibatkan perilaku anak yang kurang berkarakter baik, yaitu siswa melakukan pelanggaran peraturan atau tata tertib sekolah. Tujuan masalah dalam penelitian ini: menganalisis perencanaan dan pelaksanaan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di SMP Negeri 1 Tambakromo Pati. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif untuk memperoleh gambaran implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di SMP Negeri 1 Tambakromo Pati. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu model interaktif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanan implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di SMP Negeri 1 Tambakromo Pati, terorganisir dan teradministarsikan secara jelas dalam setiap kegiatan, sesuai dengan prinsip implementasi manajemen sekolah berkarakter, (2) Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di SMP Negeri 1 Tambakromo Pati meliputi nilai-nilai religius, jujur, disiplin, peduli lingkungan, tanggung jawab dilakukan dengan pembiasaan dan terintegrasi kedalam seluruh mata pelajaran, kegiatan sehari-hari di sekolah, kegiatan yang diprogramkan atau direncanakan, melibatkan guru dalam pembelajaran di kelas dan setiap efen-efen kegiatan, kerjasama antar sekolah dengan orang tua peserta didik serta instansi lain, (3) Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di SMP Negeri 1 Tambakromo Pati merupakan upaya penanaman kecerdasan dalam berfikir, penghayatan dalam bentuk sikap, dan pengamalan dalam bentuk perilaku yang sesuai dengan nilai luhur yang menjadi jati dirinya, diwujudkan dalam interaksi dengan Tuhannya, diri sendiri, antar sesama, dan lingkungannya. Saran, hasil temuan penelitian dapat dijadikan acuan dalam mengambil kebijakan. Bagi sekolah: Menindak tegas bagi warga sekolah khususnya guru atau staf tata usaha dan karyawan apabila dalam berperilaku (melaksanakan tugas) tidak menunjukkan dukungan terhadap pelaksanaan pendidikan karakter. Bagi Dinas Pendidikan: 1) Meningkatkan kepedulian dan perhatian Dinas Pendidikan terhadap kepala sekolah, terutama menyangkut hal-hal yang erat kaitannya dengan pelaksanaan pendidikan karakter, 2) Melaksanakan program pembinaan yang terus menerus disertai monitoring dan evaluasi program pembinaan kepada semua sekolah, mengenai pelaksanaan pendidikan karakter.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S2 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 03 May 2017 13:36 |
Last Modified: | 03 May 2017 13:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26448 |
Actions (login required)
View Item |