PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA SEMARANG


Imron Abu Cholid Wibowo, 0102513015 (2015) PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Imron_Abu_MP_Khusus_2013_0102513015.pdf]
Preview
PDF
Download (617kB) | Preview

Abstract

Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan untuk membantu dan membina guru dalam meningkatkan kemampuan dan proses pembelajaran, tetapi dalam pelaksanaannya saat ini masih belum maksimal, sehingga pengembangan model supervisi akademik sangat penting untuk dilakukan sebagai upaya memaksimalkan tercapainya tujuan supervisi akademik. Adapun tujuan dari penelitian ini (1) menganalisis pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah (2) menemukan desain model supervisi akademik dengan pendekatan kolaboratif (3) memaparkan kelayakan model supervisi akademik dengan pendekatan kolaboratif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan tahapan penelitian (1) studi pendahuluan, (2) Pengembangan model supervisi akademik divalidasi oleh validator ahli dan praktisi. Pengumpulan data secara wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data penelitian ini meliputi analisis data diskriptif dan analisis data diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model faktual supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah sudah sesuai prosedur, namun ada beberapa hal yang perlu dibenahi antara lain: (a) Kepala sekolah merasa kesulitan dalam menyusun jadwal supervisi, (b) Kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik hanya mengambil salah satu kelas untuk dijadikan sampel supervisi akademik. (c) Pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah tidak di tindak lanjuti dengan kegiatan yang dapat meningkatkan kinerja guru (2) Pengembangan model supervisi akademik meliputi (a) memberdayakan guru senior sebagai supervisor, (b) secara penuh melibatkan guru senior dalam pelaksanaan supervisi akademik, (c) pengembangan dilakukan dengan melibatkan ahli supervisi dan praktisi, (3) Model supervisi akademik dengan pendekatan kolaboratif layak digunakan oleh kepala sekolah. Simpulan model supervisi akademik dengan pendekatan kolaboratif layak digunakan oleh kepala sekolah. Peneliti menyarankan agar kepala sekolah menggunakan model supervisi akademik dengan pendekatan kolaboratif untuk membantu dalam melaksanakan supervisi akademik. Penerapan supervisi akademik dengan pendekatan kolaboratif bisa menjalin kerja sama antara dinas pendidikan dan MKKS. Bagi peneliti lanjut diharapkan dapat melakukan uji coba produknya dan diharapkan dalam penelitian selanjutmya dapat mengkaji lebih luas mengenai uji kelayakan modelnya

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 20 Apr 2017 16:46
Last Modified: 20 Apr 2017 16:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26439

Actions (login required)

View Item View Item