KEANEKARAGAMAN JENIS CAPUNG DI WANA WISATA PENGGARON SEBAGAI BAHAN PENYUSUN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI
ISTIQOMAH, 0402513062 (2016) KEANEKARAGAMAN JENIS CAPUNG DI WANA WISATA PENGGARON SEBAGAI BAHAN PENYUSUN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (185kB) | Preview |
Abstract
Wana Wisata Penggaron memiliki keanekaragaman hayati yang melimpah, baik keanekaragaman hewan maupun tumbuhan. Kekayaan alam yang dimiliki Wana Wisata Penggaron belum teridentifikasi dengan baik salah satunya adalah keanekaragaman jenis capung. Keanekaragaman jenis capung ini dapat dimanfaatkan oleh para guru biologi sebagai sumber belajar di sekolah, namun hal ini belum dilakukan, sehingga pembelajaran terasa kurang optimal. Pembelajaran di MA Riyadlus Sholihin Al-islamy belum menggunakan bahan ajar yang disusun berdasarkan potensi lokal, dan dalam pembelajaran biologi guru-guru belum menghadirkan contoh konkret ke dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keanekaragaman jenis capung di Wana Wisata Penggaron. Hasil identifikasi selanjutnya disusun sebagai bahan ajar mandiri berupa modul pembelajaran yang terintegrasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan tahapan penelitian meliputi observasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, ujicoba produk (skala kecil), revisi produk 1, validasi produk tahap I, revisi produk 2, validasi produk tahap II, revisi produk 3 dan produk hipotetik. Berdasarkan hasil penelitian di Wana Wisata Penggaron ditemukan 16 jenis capung. Hasil analisis indeks keanekaragaman, indeks kemerataan dan indeks dominansi masuk dalam kriteria rendah. Data yang telah terkumpul disusun menjadi sebuah bahan ajar mandiri berupa modul dan media keanekaragaman jenis capung, yang divalidasi oleh dosen ahli media dan ahli materi. Validasi dilakukan sebanyak dua kali. Hasil validasi tahap I dan II menunjukkan bahwa modul dan media keanekaragaman jenis capung masuk dalam kategori sangat valid menurut pakar. Respon guru dan siswa pada saat uji coba skala kecil menunjukkan bahwa modul dan media keanekaragaman jenis capung masuk dalam kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil validasi tahap I, tahap II, respon guru dan repon siswa menunjukkan bahwa modul dan media keanekaragaman jenis capung di Wana Wisata Penggaron yang telah disusun masuk dalam kategori sangat valid dan layak digunakan sebagai sumber belajar biologi SMA/MA kelas X.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 19 Apr 2017 15:23 |
Last Modified: | 19 Apr 2017 15:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26414 |
Actions (login required)
View Item |