PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS MODEL COOPERATIVE TIPE MAKE A MATCH DENGAN MEDIA KARTU UNTUK KELAS IV SD


Leny Julia Lingga, 0103513122 (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS MODEL COOPERATIVE TIPE MAKE A MATCH DENGAN MEDIA KARTU UNTUK KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (664kB) | Preview

Abstract

Pengajaran IPS di sekolah cenderung menitikberatkan pada penguasaan hafalan, proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru (teacher centered), dan kurangnya pemanfaatan sumber belajar yang ada, sehingga situasi pembelajaran membosankan peserta didik. Perlunya reorientasi pengembangan yang mencakup peningkatan mutu SDM, dalam hal ini guru lebih mampu mengembangkan perangkat dan pemanfaatan media. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mendeskripsikan karakteristik perangkat pembelajaran IPS model cooperative tipe make a match dengan media kartuyang dikembangkan, (2) mendeskripsikan validasi desain media kartu dalam pembelajaran IPS dengan model cooperative tipe make a match pada materi perkembangan teknologi, (3) menguji kepraktisan perangkat pembelajaran IPS model cooperative tipe make a match dengan media kartu, dan (4)menguji keefektifan perangkat pembelajaran IPS model cooperative tipe make a match dengan media kartu pada materi perkembangan teknologi dalam peningkatanaktivitas dan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Adapun pengembangannya mengacu pada model 4-D dari Triagarajan, Semmel dan Semmel. Tahapannya dilakukan penyederhanaan hanya dibatasi sampai pada tahap ketiga yaitu develop (pengembangan). Subjek dalam penelitian yaitu SDN 04 Kuningan Semarang yang berjumlah 22 orang. Diperoleh hasil validasi produk media kartu 95,31% yang bermakna sangat valid. Kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari hasil angket siswa yaitu 85,30% yang bermakna sangat praktis dan angket guru yaitu 83,30% yang bermakna praktis. Perangkat dengan menggunakan media kartu dikatakan efektif jika hasil belajar dan aktivitas siswa dapat meningkat. Hasil belajar dengan menggunakan uji N-Gain untuk hasil belajar diperoleh 0,50 atau sedang dan hasil aktivitas siswa terdapat peningkatan yaitu pretest 61,11% yang bermakna cukup menjadi posttest yaitu 91,60% yang bermakna sangat baik. Simpulan dalam penelitian ini bahwa perangkat pembelajaran IPS model cooperative tipe make a match dengan media kartu valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS untuk kelas IV SD. Model cooperative tipe make a match dengan media kartu dapat digunakan guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 03 Apr 2017 16:46
Last Modified: 03 Apr 2017 16:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26333

Actions (login required)

View Item View Item