FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KONSUMSI BUAH DAN SAYUR PADA ANAK SEKOLAH DASAR
Windi Kharisma Putra , 6411412033 (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KONSUMSI BUAH DAN SAYUR PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai faktor-faktor yang berhubungan dengan konsumsi buah dan sayur pada siswa SDN Sekaran 1 dan SDN Pekunden Semarang tahun 2016. Penelitian dilakukan karenaMenurut Riskesdas tahun 2013, di Indonesia pada kelompok usia 10 tahun keatas kurang konsumsi sayur dan buah sangat tinggi yaitu 93,6 % dari kebutuhannya sehari dan di Jawa Tengah pada kelompok usia 10 tahun keatas kurang konsumsi sayur dan buah mencapai 91 % dari kebutuhannya sehari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengankonsumsi buah dan sayur pada anak sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Jumlah sampel 80 orang. Analisis data univariat dan bivariatmenggunakan uji chi square (α=0,05) dan analisis multivariat menggunakan uji Regresi Logistik (p=0,25). Hasil penelitian didapatkan ada hubungan antara pengetahuan gizi ibu (p=0,46) dan pendidikan ibu (p=0,003) di SDN Sekaran 1 dan faktor yang paling dominan adalah pendidikan ibu (p=0,002). Sedangkan di SDN Pekunden didapatkan ada hubungan antara pekerjaan ibu (p=0,001) dan ketersediaan buah dan sayur (p=0,013)dan faktor yang paling dominan adalah pekerjaan ibu (p=0,003). Saran bagi ibu untuk memperhatikan asupan buah dan sayur anak, lebih kreatif dalam mengolah makanan untuk anak.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak, Konsumsi, Buah dan Sayur |
Subjects: | O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1 |
Depositing User: | Users 38256 not found. |
Date Deposited: | 03 May 2017 13:56 |
Last Modified: | 03 May 2017 13:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26174 |
Actions (login required)
View Item |