PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA DALAM TEKS BACAAN MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 2 KUDUS


Dewi Indayani, 2101406002 (2010) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA DALAM TEKS BACAAN MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 2 KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA DALAM TEKS BACAAN MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 2 KUDUS]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA DALAM TEKS BACAAN MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 2 KUDUS) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), siswa kelas VII harus mampu menemukan gagasan utama dalam teks bacaan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia SMP Negeri 2 Kudus yang mengajar kelas VII C, diketahui bahwa saat ini kondisi kemampuan membaca pemahaman menemukan gagasan utama dalam teks bacaan belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh metode yang digunakan guru dalam pembelajaran yang monoton, sehingga membuat siswa merasa jenuh dan bosan. Siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Kudus menyukai pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, untuk menyikapi kondisi tersebut penulis menggunakan metode make a match dalam pembelajaran menemukan gagasan utama dalam teks bacaan karena metode ini merupakan kombinasi antara belajar dan bermain yang di dalamnya siswa dapat secara aktif ikut terlibat dalam pembelajaran dan tidak hanya sebagai pendengar ketika guru berceramah tentang materi. Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca pemahaman menemukan gagasan utama dalam teks bacaan setelah mengikuti pembelajaran menemukan gagasan utama dalam teks bacaan menggunakan teknik make a match dan 2) bagaimanakah perubahan tingkah laku siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Kudus setelah mengikuti pembelajaran membaca pemahaman menemukan gagasan utama dalam teks bacaan menggunakan metode make a match? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Kudus yang berjumlah 40 siswa. Variabel yang diungkap dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman menemukan gagasan utama dalam teks bacaan menggunakan metode make a match. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen nontes dalam bentuk deksripsi perilaku ekologis, catatan harian siswa, wawancara, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil tes membaca pemahaman menemukan gagasan utama dalam teks bacaan. Berdasarkan hasil tes pada pratindakan nilai yang dicapai siswa adalah 69,5 atau 27,8% termasuk kategori cukup , pada siklus I nilai yang dicapai sebesar 73,05 atau 29,22% termasuk kategori baik dan mengalami peningkatan sebesar 3,55, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 84 atau 33,6% termasuk kategori baik. Dari iii pencapaian nilai rata-rata kelas siklus I dan siklus II ini diperoleh peningkatan sebesar 10,95 atau 4,38%, dan nilai rata-rata pratindakan dan siklus II diperoleh peningkatan sebesar 14,5 atau 5,8%. Berdasarkan hasil nontes menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif. Siswa menjadi lebih semangat, antusias, dan senang dalam pembelajaran membaca pemahaman menemukan gagasan utama dalam teks bacaan menggunakan teknikm make a match. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya menggunakan pembelajaran metode make a match khususnya dalam kegiatan membaca pemahaman menemukan gagasann utama dalam teks bacaan. Saran yang ditujukan pada para peneliti di bidang bahasa dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan teknik pembelajaran yang berbeda, sehingga didapatkan berbagai alternatif teknik pembelajaran membaca, khususnya membaca pemahaman menemukan gagasan utama dalam teks bacaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: membaca pemahaman, gagasan utama, metode make a match
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 25 May 2011 04:39
Last Modified: 25 Apr 2015 04:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2614

Actions (login required)

View Item View Item