PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA PROGRAM AKSELERASI SMAN 3 SEMARANG DITINJAU DARI EMOTIONAL QUOTIENT (KECERDASAN EMOSIONAL), MINAT BELAJAR DAN CARA BELAJAR


Nofi Nurani, 4401406589 (2011) PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA PROGRAM AKSELERASI SMAN 3 SEMARANG DITINJAU DARI EMOTIONAL QUOTIENT (KECERDASAN EMOSIONAL), MINAT BELAJAR DAN CARA BELAJAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA PROGRAM AKSELERASI SMAN 3 SEMARANG DITINJAU DARI EMOTIONAL QUOTIENT (KECERDASAN EMOSIONAL), MINAT BELAJAR DAN CARA BELAJAR]
Preview
PDF (PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA PROGRAM AKSELERASI SMAN 3 SEMARANG DITINJAU DARI EMOTIONAL QUOTIENT (KECERDASAN EMOSIONAL), MINAT BELAJAR DAN CARA BELAJAR) - Submitted Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa program akslerasi yang mendapat nilai ujian tengah semester biologi di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM ≤ 76 / tidak tuntas) dan perasaan gagal mengejar target masuk pada fakultas favorit di perguruan tinggi negeri favorit. Tidak adanya minat, kejenuhan belajar, orang tua otoriter dan kurang mendapat perhatian menjadi penyebabnya, sehingga siswa mengalami beban mental. Kemampuan siswa dalam mengelola kecerdasan emosional dapat mempengaruhi minat belajar siswa, karena siswa dapat mengenal baik (memahami) karakter dirinya. Semakin siswa dapat memahami karakternya, siswa dapat menemukan cara belajar yang tepat dan cara menyelesaikan masalah belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, minat belajar dan cara belajar dalam pencapaian prestasi belajar Biologi siswa program akselerasi SMAN 3 Semarang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai Oktober 2010 di SMAN 3 Semarang kelas XI-Akselerasi tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Jumlah sampel sebanyak 19 orang dengan teknik pengambilan sampel probability sampling jenis simple random sampling. Variabel penelitian terdiri dari variabel terikat (prestasi belajar biologi) dan variabel bebas (kecerdasan emosional, minat belajar dan cara belajar). Pengambilan data menggunakan metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis korelasi Product Moment (Pearson). Hasil analisis korelasi Product Moment () yang kurang dari r tabel menunjukkan adanya hubungan tidak signifikan pada tingkat signifikansi 95% antara kecerdasan emosional, minat belajar dan cara belajar dengan prestasi belajar biologi siswa kelas XI-Akselerasi SMAN 3 Semarang tahun ajaran 2009/2010. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional, minat belajar biologi, dan cara belajar siswa memberikan pengaruh yang tidak signifikan (tidak nyata) terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas XI-Akselerasi SMAN 3 Semarang tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar biologi, program akselerasi, kecerdasan emosional, minat belajar, cara belajar
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 25 Mar 2011 03:24
Last Modified: 25 Apr 2015 03:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/259

Actions (login required)

View Item View Item