FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU KESELAMATAN BERKENDARA (SAFETY RIDING) PADA MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa FMIPA UNNES Angkatan 2008-2015)
Mutiara Hikmatul Azizah, 6411411011 (2016) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU KESELAMATAN BERKENDARA (SAFETY RIDING) PADA MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa FMIPA UNNES Angkatan 2008-2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Safety riding adalah perilaku mengendarai sepeda motor dengan mengutamakan keselamatan diri sendiri maupun pengguna jalan lain. Data dari Satlantas Polrestabes Semarang tahun 2014, sebanyak 42.712 yang terkena tilang berstatus pelajar dan mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku safety riding pada mahasiswa. Jenis penelitian menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 350 responden dan pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Hasil penelitian diperoleh sebesar 57,4% berperilaku safety riding yang aman dan 42,6% tidak aman. Berdasarkan analisis data menggunakan chi-square diperoleh variabel yang berhubungan adalah pengetahuan (p-value 0,044), sikap (p-value 0,038), persepsi (p-value 0,022), dan peran teman sebaya (p-value 0,043). Sedangkan variabel yang tidak berhubungan adalah keikutsertaan pelatihan (p-value 0,757). Saran yang diberikan adalah diadakan pelatihan dan sosialisasi dari pihak terkait mengenai safety riding dilingkungan kampus untuk meningkatkan kesadaran, kepedulian serta keterampilan mahasiswa dalam mengendarai sepeda motor
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Safety Riding; Mahasiswa |
Subjects: | O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1 |
Depositing User: | Users 38256 not found. |
Date Deposited: | 03 May 2017 13:49 |
Last Modified: | 03 May 2017 13:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25674 |
Actions (login required)
View Item |