Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Berbantuan LKS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Karangtengah pada Sub Pokok Materi Persegi Panjang dan Persegi.
Jannatu Rahmawan, 4101405574 (2009) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Berbantuan LKS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Karangtengah pada Sub Pokok Materi Persegi Panjang dan Persegi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Berbantuan LKS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Karangtengah pada Sub Pokok Materi Persegi Panjang dan Persegi.)
- Published Version
Download (18MB) | Preview |
Abstract
Salah satu indikator bahwa mutu pendidikan dikatakan lebih baik adalah ketika siswa telah mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran di kelas hendaknya tidak hanya menitikberatkan pada penguasaan materi untuk menyelesaikan matematis tetapi juga mengaitkan bagaimana siswa mengenali permasalahan matematika dalam kehidupan kesehariannya dan bagaimana memecahkan permasalahan tersebut dengan pengetahuan yang diperoleh di sekolah. Salah satunya dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model pembelajaran TAI berbantuan LKS lebih tinggi daripada siswa yang diberikan pembelajaran ekspositori, serta untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran TAI mencapai ketuntasan belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Karangtengah Demak Tahun Pelajaran 2008/2009. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh dua kelas yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKS sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran ekspositori. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes. Uji statistika yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t pihak kanan dan uji ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil analisis data hasil tes dari kedua kelompok diperoleh bahwa kedua sampel normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji t. Dari hasil perhitungan diperoleh hitung t = 2,074 sedangkan nilai tabel t = 1,992. Karena hitung t > tabel t maka Ho ditolak dan hipotesis diterima. Jadi rata-rata hasil evaluasi pembelajaran pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Sehingga dapat dikatakan pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih efektif dari pada pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP N 2 Karangtengah Demak pada sub pokok materi persegi panjang dan persegi. Hasil uji ketuntasan dengan uji t diperoleh thitung = 6,664 dan untuk α = 5% diperoleh ttabel = 2,026. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak, dapat dikatakan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran TAI mencapai ketuntasan belajar. Disarankan guru dapat terus mengembangkan pembelajaran kooperatif tipe TAI dan menerapkan pada pembelajaran pokok bahasan yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TAI, LKS, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 24 May 2011 01:52 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2556 |
Actions (login required)
View Item |