Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Slawi Kabupaten Tegal


Seviana Ika Rindayani, 3301404519 (2009) Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Slawi Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Slawi Kabupaten Tegal]
Preview
PDF (Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Slawi Kabupaten Tegal) - Published Version
Download (460kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan standar keberhasilan setiap individu dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hal tersebut hasil belajar dapat diukur dari sejauh mana penyerapan seseorang terhadap materi yang dipelajarinya. Hasil belajar siswa dipengaruhi beberapa faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang sangat mempengaruhi dalam pencapaian hasil belajar siswa adalah motivasi berprestasi sedangkan dari faktor eksternal yaitu fasilitas belajar. Dengan adanya motivasi berprestasi dan fasilitas belajar yang baik akan dapat mencapai hasil belajar yang baik. Sehinga tidaklah mungkin siswa dapat mencapai hasil belajar yang tinggi tanpa adanya motivasi berprestasi dan fasilitas belajar yang baik.Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : (1) Adakah pengaruh motivasi berprestasi dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Slawi Kabupaten Tegal? (2) Adakah pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Slawi Kabupaten Tegal? (3) Adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Slawi Kabupaten Tegal? Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Slawi Kabupaten Tegal unit sampel menurut slovin berjumlah 136 siswa dan teknik sampel yang digunakan adalah proporsional cluster random sampling, dengan unit sampel berjumlah 101 siswa. Variabel yang diteliti terdiri dari motivasi berprestasi (X1), fasilitas belajar (X2) dan hasil belajar akuntansi (Y).Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode angket/ kuesioner. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian tentang motivasi berprestasi diperoleh rata-rata 78,82 dengan persentase 75,79% termasuk dalam kategori tinggi, fasilitas belajar diperoleh rata-rata 19,82 dengan persentase 61,94% termasuk dalam kategori rendah, sedangkan hasil belajar akuntansi diperoleh nilai rata-rata 63,83 termasuk dalam kategori cukup. Melalui analisis regresi berganda diperoleh persamaan ^ Y = 50,98 + 0,112X1 + 0,243X2 dan Fhitung sebesar dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti ada pengaruh antara positif antara motivasi berprestasi (X1) dan fasilitas belajar (X2) terhadap hasil belajar akuntansi pada kelas XI IPS SMA Negeri 2 Slawi Kabupaten Tegal. Besarnya nilai adjusted R square sebesar 0,388 yang berarti bahwa variasi perubahan Y dipengaruhi X1 dan X2 sebesar 38,8%.Besarnya pengaruh motivasi berprestasi terhadap perubahan hasil belajar siswa tersebut sebesar 16,32% dan fasilitas belajar terhadap perubahan hasil belajar sebesar 15,76%, selebihnya 67,92% dipengaruhi faktor lain diluar penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil simpulan antara lain secara simultan yaitu ada pengaruh positif antara motivasi berprestasi dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar akuntansi pada kelasXI IPS SMA Negeri 2 Slawi Kabupaten Tegal. Sedangkan secara parsial ada pengaruh antara motivasi berprestasi terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Slawi Kabupaten Tegal dan ada pengaruh antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Slawi Kabupaten Tegal.Saran yang dapat peneliti berikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi berprestasi siswa umumnya sudah tinggi,namun siswa kurang aktif bertanya jika mengalami kesulitan pada saat mengikuti PBM, oleh karena itu guru perlu membuat variasi dalam strategi mengajarnya. Terkait dengan fasilitas belajar, hasil penerangan yang termasuk dalam kategori rendah , maka perlunya pihak sekolah memberikan penerangan yang cukup untuk kelancaran proses belajar mengajar.Adanya penerangan yang cukup maka suasana kelas tidak terasa gelap sehingga akan menganggu proses belajar mengajar. Fasilitas belajar umumnya rendah, maka perlu penambahan fasilitas belajar yang optimal dan bila mungkin diadakan penambahan buku-buku pegangan yang masih kurang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Berprestasi, Fasilitas Belajar dan Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 Mar 2011 03:00
Last Modified: 25 Apr 2015 03:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/255

Actions (login required)

View Item View Item