Studi komparasi hasil belajar akuntansi antara metode inkuiri dan metode ceramah pokok bahasan jurnal umum perusahaan jasa pada kelas x semester 1 SMK Perdana Semarang Kota Semarang tahun ajaran 2009/2010


Fitriani, 3301405541 (2009) Studi komparasi hasil belajar akuntansi antara metode inkuiri dan metode ceramah pokok bahasan jurnal umum perusahaan jasa pada kelas x semester 1 SMK Perdana Semarang Kota Semarang tahun ajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Studi komparasi hasil belajar akuntansi antara metode inkuiri dan metode ceramah pokok bahasan jurnal umum perusahaan jasa pada kelas x semester 1 SMK Perdana Semarang Kota Semarang tahun ajaran 2009/2010]
Preview
PDF (Studi komparasi hasil belajar akuntansi antara metode inkuiri dan metode ceramah pokok bahasan jurnal umum perusahaan jasa pada kelas x semester 1 SMK Perdana Semarang Kota Semarang tahun ajaran 2009/2010) - Published Version
Download (24MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses belajar mengajar. Metode pembelajaran yang efektif adalah metode inkuiri, diharapkan dapat menarik siswa untuk belajar akuntansi sehingga hasil belajarnya akan meningkat, karena dengan metode inkuiri siswa diajak secara aktif menemukan konsep tentang materi pelajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan hasil belajar akuntansi pokok bahasan jurnal umum antara pembelajaran yang metode inkuiri dengan metode ceramah pada siswa kelas X semester I SMK Perdana Semarang tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar akuntansi pokok bahasan jurnal umum antara pembelajaran menggunakan metode inkuiri dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah pada siswa kelas X SMK Perdana Semarang tahun ajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Perdana Semarang tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlah 240 siswa yang tersebar dalam 6 kelas. Setelah diketahui ke enam kelas berangkat dari keadaan awal yang sama, maka sampel diambil secara cluster random sampling dan diperoleh kelas XE sebagai kelompok eksperimen menggunakan metode inkuiri dan kelas XF sebagai kelompok kontrol menggunakan metode ceramah. Variabel yang diteliti adalah (1) hasil belajar metode inkuiri (Y1). (2) hasil belajar metode ceramah (Y2). Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, metode tes, metode observasi.Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar akuntansi kelompok eksperimen menggunakan metode inkuiri yaitu 84,9988 dan rata-rata kelompok kontrol menggunakan metode ceramah yaitu 68,5710. Hasil uji t diperoleh thitung 9,354 lebih besar dari ttabel (1,665) artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol. Hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Perbedaan hasil belajar disebabkan karena pembelajaran menggunakan metode inkuiri ditekan pada pemecahan masalah belajar mandiri, bekerjasama dalam kelompok dan presentasi sehingga berpegaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa dan guru. Guru dapat menerapkan pembelajaran metode inkuiri serta mengembangkan kreatifitas dalam pembelajaran. Guru dapat memvariasikan metode inkuiri dengan metode lainnya sehingga diperoleh metode yang lebih sesuai karakteristik pokok bahasan dan kondisi siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Studi komparasi, metode inkuiri, metode ceramah, hasil belajar akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 May 2011 00:53
Last Modified: 25 Apr 2015 04:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2542

Actions (login required)

View Item View Item