ANALISIS ASPEK PENYAJIAN BUKU AJAR FISIKA KELAS XI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN KENDAL


Viga Karina , 4201412068 (2016) ANALISIS ASPEK PENYAJIAN BUKU AJAR FISIKA KELAS XI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201412068.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Buku ajar merupakan salah satu sarana pembelajaran yang penting untuk menunjang proses belajar mengajar. Pemilihan buku ajar yang tepat dan berkualitas akan membantu proses pembelajaran yang lebih optimal. Buku ajar fisika kelas XI yang tersebar di Kabupaten Kendal sangat beragam dan masih terdapat kekurangan pada aspek penyajiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat variasi penyajian dan tingkat daya tarik ilustrasi gambar pada buku ajar fisika kelas XI, serta untuk mengetahui apakah ilustrasi gambar yang disajikan dalam buku ajar fisika kelas XI dapat mempermudah peserta didik dalam memahami teks. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu buku Fisika 2B untuk SMA Kelas XI (kode buku A), Sains Fisika 2 SMA/MA Kelas XI (kode buku B), dan Fisika untuk SMA/MA Kelas XI (kode buku C). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, dokumentasi, dan tes tertulis. Instrumen angket digunakan untuk memperoleh data penggunaan buku ajar fisika kelas XI. Instrumen pada metode dokumentasi berupa lembar penilaian, digunakan untuk menilai tingkat variasi penyajian dan tingkat daya tarik ilustrasi gambar dalam buku ajar fisika. Kemudian instrumen pada metode tes tertulis berupa lembar soal tes tertulis, digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman teks peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga buku yang telah dianalisis dengan rumus persentase skor, masing-masing memiliki tingkat variasi penyajian dan tingkat daya tarik ilustrasi gambar yang berbeda-beda. Kemudian untuk perolehan persentase skor peserta didik yang mengerjakan soal disertai ilustrasi gambar dan tanpa disertai ilustrasi gambar secara berturut-turut yaitu 84,38% dan 71,18%. Kesimpulan dari penelitian yaitu tingkat variasi penyajian yang dimiliki oleh buku ajar fisika kelas XI secara berturut-turut adalah buku A sebesar 76,54% (baik), buku B sebesar 52,05% (cukup baik), dan buku C sebesar 65,11% (baik). Tingkat daya tarik ilustrasi gambar yang dimiliki oleh buku ajar fisika kelas XI secara berturut-turut adalah buku A sebesar 96,71% (sangat baik), buku B sebesar 89,64% (sangat baik), dan buku C sebesar 94,56% (sangat baik). Selanjutnya ilustrasi gambar yang disajikan dalam buku ajar fisika kelas XI dapat mempermudah pemahaman teks peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis, aspek penyajian, buku ajar fisika, ilustrasi gambar.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 38264 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2017 17:30
Last Modified: 08 Feb 2017 17:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25350

Actions (login required)

View Item View Item