DESAIN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DALAM MATA KULIAH TEKNIK DRAINASE PERKOTAAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


NUR HIDAYAT, 5101411003 (2016) DESAIN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DALAM MATA KULIAH TEKNIK DRAINASE PERKOTAAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101411003.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Desain pembelajaran merupakan suatu produk hasil perencanaan mengenai kebutuhan dan tujuan belajar serta sistem penyampaiannya secara sistematis. Desain pembelajaran dirancang untuk mata kuliah Teknik Drainase Perkotaan sub bahasan Analisis Data Hujan dan Aplikasinya diawali dengan menganalisis kebutuhan mahasiswa, menentukan tujuan pembelajaran, mengembangkan bahan dan aktivitas pembelajaran. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperlukan suatu desain pembelajaran agar mahasiswa lebih mudah dalam memahami materi perkuliahan dan mengurangi kesulitan belajar. Media pembelajaran merupakan alat pendukung dalam kegiatan pembelajaran. Pemilihan media pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik materi. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat desain pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi pada mata kuliah teknik drainase perkotaan dan mengetahui persepsi mahasiswa terhadap modul pembelajaran menggunakan aplikasi sistem informasi geografis. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah metode kuesioner yang digunakan untuk mendapatkan data pengujian validitas media oleh ahli media dan ahli materi, dan pengambilan data persepsi mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan S1 terhadap media pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan persepsi mahasiswa terhadap Modul “Evaluasi Sistem Jaringan Drainase Berbasis Aplikasi SIG” dapat mengatasi kesulitan belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan S1 dalam mengikuti mata kuliah Teknik Drainase Perkotaan sub bahasan Analisis Data Hujan dan Aplikasinya sebesar 85,9%, yang termasuk dalam kategori Sangat Baik. Hal ini menunjukkan Modul “Evaluasi Sistem Jaringan Drainase Berbasis Aplikasi SIG” dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran mandiri mahasiswa. Untuk menyempurnakan kualitas media pembelajaran diperlukan adanya penelitian lanjutan dengan mengimplementasikan media terhadap hasil belajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Desain Pembelajaran, Modul, Teknik Drainase Perkotaan, dan Sistem Informasi Geografis (SIG
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Users 38268 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2017 11:36
Last Modified: 17 Mar 2017 11:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25098

Actions (login required)

View Item View Item