PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK 3M (MENGAMATI, MENIRU, DAN MENAMBAHI) PADA SISWA KELAS VIII A SMP ISLAM UNGARAN TAHUN AJARAN 2008/2009


Kurniawan Wisnu Groho, 2101405694 (2009) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK 3M (MENGAMATI, MENIRU, DAN MENAMBAHI) PADA SISWA KELAS VIII A SMP ISLAM UNGARAN TAHUN AJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK 3M (MENGAMATI, MENIRU, DAN MENAMBAHI) PADA SISWA KELAS VIII A SMP ISLAM UNGARAN TAHUN AJARAN 2008/2009]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK 3M (MENGAMATI, MENIRU, DAN MENAMBAHI) PADA SISWA KELAS VIII A SMP ISLAM UNGARAN TAHUN AJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis puisi merupakan bagian dari ekspresi sastra dalam standar kompetensi bahan kajian bahasa Indonesia. Keberadaan kompetensi ini di dalam kurikulum menunjukkan bahwa penguasaan terhadap keterampilan menulis puisi ini sangat penting dan sangat diperlukan. Penerapan teknik dalam pembelajaran yang tepat merupakan hal yang harus dipertimbangkan oleh pengajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Berdasarkan observasi awal, keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII A SMP Islam Ungaran masih kurang dan belum mencapai nilai standar yang ditetapkan oleh sekolah tersebut. Oleh karena itu peneliti menawarkan teknik 3M. Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini mengangkat permasalahan yaitu mengenai peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII A SMP Islam Ungaran dan perubahan perilaku siswa setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik 3M. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan teknik 3M dan mendeskripsi perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan teknik 3M. Manfaat penelitian ini adalah memberikan manfaat bagi pengembangan teori pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada umumnya dan khususnya pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan teknik 3M. Bagi guru, penelitian ini dapat meningkatkan proses belajar mengajar keterampilan menulis puisi. Dan bagi siswa, mempermudah pembelajaran menulis puisi sehingga siswa senang, cinta, dan berminat pada pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Islam Ungaran. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data yang digunakan berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian keterampilan menulis puisi dengan teknik 3M, siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas. Keterampilan menulis puisi siswa pada siklus II meningkat sebesar 20,08% dari siklus I. Rata-rata skor kelas tes pada siklus I mencapai 66,58, sedangkan rata-rata skor kelas tes pada siklus II mencapai 79,95 dan sudah memenuhi target penilaian yang ditentukan karena termasuk dalam kategori baik. Perubahan perilaku diperoleh dari hasil nontes yang berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Peningkatan pada siklus II sebesar 43,3% dari siklus I. Rataiii rata skor dari hasil observasi pada siklus I mencapai 60, sedangkan rata-rata skor pada siklus II mencapai 86. Hal ini menunjukkan bahwa perilaku siswa berubah ke arah yang lebih positif. Hasil tersebut membuktikan bahwa peningkatan keterampilan menulis puisi sangat dipengaruhi oleh perilaku siswa. Peneliti menyarankan kepada sekolah, dengan melihat hasil pembelajaran menulis puisi di SMP Islam Ungaran dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa, hendaknya teknik 3M dapat diterapkan oleh para guru dalam pembelajaran menulis puisi di sekolah. Kepada guru, setelah mengetahui penggunaan teknik 3M pada pembelajaran menulis puisi, sebaiknya guru dalam menjelaskan dan menggunakan teknik ini dilakukan secara sistematis sesuai dengan tahap-tahap yang ada. Setelah penelitian ini, kepada peneliti lain agar dilakukan penelitian lebih lanjut tentang efektivitas penggunaan teknik 3M pada pembelajaran menulis puisi pada ranah yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis puisi, teknik 3M
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 May 2011 07:11
Last Modified: 25 Apr 2015 04:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2501

Actions (login required)

View Item View Item