ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA DOSEN DUA TAHUN SEBELUM DAN SESUDAH REMUNERASI DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Putti Fadhilah, 7111412075 (2016) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA DOSEN DUA TAHUN SEBELUM DAN SESUDAH REMUNERASI DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7111412075.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Semarang merupakan Perguruan Tinggi Negeri Indonesia yang pertama kali mendeklarasikan sebagai Universitas konservasi bertaraf Internasional yang sehat, unggul, dan sejahtera. Mengingat Universitas adalah tingkat pendidikan yang memiliki standar mutu pendidikan yang baik dibandingkan dengan tingkat pendidikan yang lain, maka diperlukannya pengembangan sumber daya manusia yang berfokus pada perguruan tinggi melalui pemberian remunerasi kepada tenaga pengajar guna meningkatkan kinerja yang berkualitas, sehingga menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di dunia global. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan dan mengkaji penerapan sistem remunerasi serta membandingkan kinerja tenaga pengajar dua tahun sebelum dan sesudah remunerasi di Universitas Negeri Semarang. Sampel akhir penelitian ini sebanyak 48 orang responden yang merupakan tenaga pengajar (dosen) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan alat analisis uji distribusi frekuensi dan uji beda berpasangan (Paired Sample T-test). Hasil penelitian menunjukkan penerapan remunerasi di Universitas Negeri Semarang berbasis pada merit pay dan komponen yang digunakan meliputi Pay For Position, Pay For Performance, dan Pay For People. Hasil lain menunjukkan terdapat perbedaan kinerja tenaga pengajar, yaitu peningkatan kinerja tenaga pengajar pada saat dua tahun sebelum dan sesudah remunerasi. Perbedaan kinerja ini didasarkan pada rata-rata masing-masing indikator kinerja. Adapun saran pada penelitian ini diharapkan Universitas Negeri Semarang harus tetap menjaga dan terus meningkatkan kualitas penerapan sistem remunerasi demi meningkatkan kembali kinerja yang dimiliki oleh tenaga pengajar (dosen) khususnya tenaga pengajar (dosen) di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dosen, Kinerja, Remunerasi, Merit Pay
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Users 38254 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2017 13:19
Last Modified: 16 Mar 2017 13:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24977

Actions (login required)

View Item View Item