Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Cerita Anak melalui Teknik Story Telling dengan Media Flash Card pada Siswa Kelas VII-C SMP Islam Sudirman Sumowono Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009


Nurul Aini, 2101405079 (2009) Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Cerita Anak melalui Teknik Story Telling dengan Media Flash Card pada Siswa Kelas VII-C SMP Islam Sudirman Sumowono Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Cerita Anak melalui Teknik Story Telling dengan Media Flash Card pada Siswa Kelas VII-C SMP Islam Sudirman Sumowono Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Cerita Anak melalui Teknik Story Telling dengan Media Flash Card pada Siswa Kelas VII-C SMP Islam Sudirman Sumowono Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009) - Published Version
Download (21MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menceritakan kembali merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh siswa. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti terhadap guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP Islam Sudirman Sumowono serta observasi langsung yang dilakukan oleh peneliti, menunjukkan keterampilan siswa dalam menceritakan kembali cerita anak masih rendah. Faktor penyebab rendahnya keterampilan tersebut terdiri atas faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari siswa, sedangkan faktor eksternal berasal dari metode yang digunakan guru dalam pembelajaran serta minimnya ketersediaan media pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, peneliti berusaha untuk mencari solusi terhadap masalah-masalah tersebut melalui pengajaran menceritakan kembali cerita anak menggunakan teknik dan media baru, yaitu teknik story telling dengan media flash card. Masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar peningkatan keterampilan menceritakan kembali cerita anak dan bagaimanakah perubahan sikap dan perilaku siswa kelas VII-C SMP Islam Sudirman Sumowono dalam pembelajaran menceritakan kembali cerita anak menggunakan teknik story telling dengan media flash card? Tujuan penelitian ini mendeskripsi peningkatan keterampilan menceritakan kembali cerita anak dan perubahan sikap serta perilaku siswa kelas VII-C SMP Islam Sudirman Sumowono dalam pembelajaran menceritakan kembali cerita anak menggunakan teknik story telling dengan media flash card tahun pelajaran 2008/2009. Teori yang menunjang penelitian ini (1) teori pembelajaran berbicara dengan teknik story telling yang diterapkan oleh Nurhayati dalam jurnal penelitian dan (2) teori pemakaian media flash card yang diterapkan Arsyad sebagai upaya untuk merangsang imajinasi siswa. Penelitian ini berupaya memadukan teknik story telling dan media flash card agar lebih memotivasi siswa serta memudahkan siswa dalam pembelajaran. Desain dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menceritakan kembali cerita anak siswa kelas VII-C SMP Islam Sudirman Sumowono yang berjumlah 43 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menceritakan kembali cerita anak dan penggunaan teknik story telling dengan media flash card. Pengumpulan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen yang digunakan adalah tes esai perintah menceritakan kembali cerita anak, sedangkan instrumen nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, jurnal, dan wawancara. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Dalam penelitian siklus I diperoleh hasil menceritakan kembali cerita anak 37,20% atau baru sekitar 16 siswa dikategorikan tuntas, sedangkan nilai rata-rata klasikal siklus I mencapai 61,74. Sementara itu, pada siklus II 81,40% atau 34 siswa dikategorkan tuntas, sedangkan nilai rata-rata klasikal mencapai 72,79. Dengan demikian, terjadi peningkatan kategori ketuntasan 44,2%, sedangkan nilai rata-rata klasikal meningkat sebesaer 17,89% dari siklus I ke siklus II. Peningakatan keterampilan menceritakan kembali ini juga diikuti dengan perubahan sikap dan perilaku siswa kearah positif. Pada siklus II siswa terlihat senang dan bersemangat dalam pembelajaran. Selain itu, siswa semakin aktif dan antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian pembelajaran. Dari hasil penelitian keterampilan menceritakan kembali cerita anak di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa mengalami peningkatan setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan teknik story telling dengan media flash card dan perilaku siswa mengalami perubahan dari perilaku negatif menjadi perilaku positif. Saran yang dapat diberikan dari data hasil penelitian ini adalah agar guru bahasa Indonesia menggunakan teknik story telling serta media flash card sebagai alternatif pembelajaran menceritakan kembali cerita anak. Bagi siswa hendaknya mengikuti kegiatan pembelajaran menceritakan kembali cerita anak dengan bersemangat dan berperilaku positif sehingga siswa dapat bercerita dengan baik dan menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menceritakan kembali cerita anak, teknik story telling, media flash card
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 May 2011 07:49
Last Modified: 25 Apr 2015 04:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2474

Actions (login required)

View Item View Item