PENGGUNAAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X-9 SMA NASIONAL PATI


Miftahurrohim , 2101405661 (2009) PENGGUNAAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X-9 SMA NASIONAL PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X-9 SMA NASIONAL PATI]
Preview
PDF (PENGGUNAAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X-9 SMA NASIONAL PATI) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis sebagai salah satu dari empat keterampilan berbahasa mempunyai peranan yang sangat penting di dalam kehidupan manusia. Dengan cara menulis, seseorang dapat mengungkapkan pikiran dan gagasan untuk dapat mencapai maksud dan tujuannya. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X-9 SMA Nasional Pati masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran dan kurangnya latihan dalam menulis karangan argumentasi serta strategi yang digunakan guru kurang menarik, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam kegiatan menulis karangan argumentasi. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karangan argumentasi kelas X-9 SMA Nasional Pati setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi TTW?; dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas X-9 SMA Nasional Pati setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan strategi TTW? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan argumentasi siswa setelah diberikan pembelajaran menggunakan strategi TTW dan untuk mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa setelah diberikan pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan strategi TTW. Penelitian ini diharapkan bermanfaat besar untuk memberikan sumbangan berupa pengembangan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan keterampilan berbahasa, khususnya pembelajaran menulis karangan argumentasi. Selain itu, penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi guru, siswa, dan sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Subjek penelitian adalah keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X-9 SMA Nasional Pati sebanyak 46 siswa. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu peningkatan keterampilan menulis karangan argumentasi dan penggunaan strategi TTW. Pengumpulan data pada tahap prasiklus menggunakan teknik tes, sedangkan pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen nontes berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman jurnal, dan pedoman dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan strategi TTW, keterampilan siswa mengalami peningkatan sebesar 23,94%. Skor rata-rata kelas pada tahap prasiklus sebesar 58,67 dan mengalami peningkatan sebesar 16,96% menjadi 75,63 pada siklus I. Kemudian pada siklus II, skor rata-rata kelas meningkat sebesar 6,98% menjadi 82,61. Pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan strategi TTW dapat mengubah perilaku siswa. Siswa yang sebelumnya merasa kurang siap dan kurang aktif dalam pembelajaran, menjadi siap dan lebih aktif mengikuti pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah strategi TTW mampu meningkatkan keterampilan menulis karangan argumentasi dan dapat mengubah perilaku siswa kelas X-9 SMA Nasional Pati. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, agar menggunakan strategi TTW dalam kegiatan menulis karangan argumentasi dan melatih kebiasaan siswa untuk gemar menulis. Bagi siswa disarankan untuk selalu berlatih menulis dan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Bagi para peneliti lain agar melakukan penelitian lanjutan pada aspek yang berbeda dan untuk menambah khasanah ilmu bahasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, karangan argumentasi, dan strategi TTW.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 May 2011 07:02
Last Modified: 25 Apr 2015 04:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2470

Actions (login required)

View Item View Item