EFEKTIVITAS MODEL ENVIRONMENTAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP PEDULI KESEHATAN LINGKUNGAN SISWA SMA PADA MATERI VIRUS
Aisyah Fitri Astuti, 4401412075 (2016) EFEKTIVITAS MODEL ENVIRONMENTAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP PEDULI KESEHATAN LINGKUNGAN SISWA SMA PADA MATERI VIRUS. Under Graduates thesis, Uneversitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kualitas kesehatan lingkungan di Indonesia masih tergolong rendah. Data dari Kementerian Kesehatan RI (2016) menyatakan bahwa sejak tahun 2015-2016 terjadi peningkatan kasus demam berdarah dengue (DBD) di 12 kabupaten dan 3 kota. Kurangnya kepedulian dan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan lingkungan mengakibatkan munculnya berbagai macam penyakit. Pembentukan sikap peduli kesehatan lingkungan dapat dilakukan melalui pendidikan di sekolah. Hasil observasi di SMAN 1 Bobotsari menunjukkan bahwa sikap peduli kesehatan lingkungan dan hasil belajar siswa masih rendah. Selain itu, kemampuan siswa menyerap materi virus pada UN 2014/2015 hanya 47,65%. Environmental learning adalah salah satu upaya yang ditawarkan untuk membentuk sikap peduli kesehatan lingkungan dan meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan melatih siswa menganalisis kasus-kasus penyakit akibat virus yang disajikan dalam media casebook. Tujuan penelitian ini adalah menguji efektivitas model Environmental Learning dengan media casebook terhadap hasil belajar dan sikap peduli kesehatan lingkungan siswa di SMA N 1 Bobotsari. Rancangan penelitian ini adalah Quasi Experimental Design jenis Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X MIPA SMAN 1 Bobotsari dan sampelnya adalah X MIPA 2 dan X MIPA 3. Variabel bebas adalah Environmental Learning dengan media casebook dan variabel terikatnya adalah hasil belajar dan sikap peduli kesehatan lingkungan siswa. Analisis data meliputi analisis hasil belajar berupa nilai akhir, sikap peduli kesehatan lingkungan berupa nilai yang diperoleh dari skala sikap peduli kesehatan lingkungan, analisis tanggapan siswa tanggapan guru terhadap proses pembelajaran. Hasil belajar kognitif dan sikap peduli kesehatan lingkungan siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai akhir dan nilai sikap siswa yaitu 86 dan 81 untuk kelas eksperimen, sedangkan 79 dan 78 untuk kelas kontrol. Selain itu, kesadaran peduli kesehatan kelas eksperimen juga lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari persentase komponen sikap kelas eksperimen yang cenderung lebih tinggi. Persentase komponen sikap yang meliputi kognitif, afektif, dan konatif secara berturut-turut adalah 78,3%, 79,5%, dan 84% untuk kelas eksperimen dan 73%, 77,1%, dan 83,79% untuk kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Environmental Learning dengan media casebook efektif terhadap peningkatan hasil belajar dan sikap peduli kesehatan lingkungan siswa kelas X SMA N 1 Bobotsari.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | casebook, environmental learning, hasil belajar kognitif, sikap peduli kesehatan lingkungan, virus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1 |
Depositing User: | Users 38261 not found. |
Date Deposited: | 07 Feb 2017 07:24 |
Last Modified: | 07 Feb 2017 07:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24673 |
Actions (login required)
View Item |