PENGEMBANGAN RPP MODEL INKUIRI MATERI SISTEM GERAK DALAM MELATIH KETERAMPILAN BERTANYA SISWA DI MAN DEMAK


Dyah Putri Perdani, 4401412056 (2016) PENGEMBANGAN RPP MODEL INKUIRI MATERI SISTEM GERAK DALAM MELATIH KETERAMPILAN BERTANYA SISWA DI MAN DEMAK. Under Graduates thesis, Uneversitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401412056.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan skenario pembelajaran yang dirancang oleh guru dalam pembuatannya RPP didesain untuk membuat siswa menjadi aktif dalam pembelajaran salah satunya melalui kegiatan bertanya. Hasil analisis awal terhadap RPP yang digunakan oleh guru menunjukkan bahwa RPP belum sesuai dengan aturan pembuatan RPP pada kurikulum 2013 dan kesempatan yang diberikan oleh guru kepada siswa untuk bertanya sangat sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis RPP yang disusun guru di MAN Demak dalam mendorong siswa bertanya, menguji tingkat kelayakan RPP model inkuiri materi sistem gerak dalam melatih keterampilan siswa bertanya, dan menguji keefektifan RPP model inkuiri materi sistem gerak dalam melatih keterampilan siswa bertanya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah (Research and Development / R&D) dengan dua uji lapangan yaitu uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI Semester Ganjil tahun 2016/2017 yang terdiri dari lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode random sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara acak. Uji coba skala kecil dilaksanakan di MAN Demak pada kelas XI MIA 2, sedangkan uji coba skala besar pada kelas XI MIA 1 menggunakan bentuk penelitian Pre- Experimental Design dengan jenis One group Pretest-posttest design. Hasil penilaian kelayakan RPP dan LKS model inkuiri oleh validator diperoleh rata-rata sebesar 94,58% dengan kategori sangat layak. Pada uji coba skala kecil diperoleh persentase kesesuaian RPP sebesar 90% dengan kategori sangat layak dan rata-rata kelayakan LKS sebesar 83,2% dengan kategori sangat layak. Pada hasil uji coba skala besar menunjukkan bahwa RPP model inkuiri materi sistem gerak dalam melatih keterampilan bertanya siswa efektif digunakan dalam pembelajaran. Rata-rata keterampilan bertanya siswa dari 4 kali pertemuan mencapai 87,58%, artinya siswa sangat terampil dalam membuat pertanyaan, ratarata keterampilan bertanya siswa setiap pertemuan mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa aspek kognitif yang dianalisis menggunakan N-gain diperoleh ratarata peningkatan hasil belajar sebesar 0,66 yang menunjukkan peningkatan hasil belajar dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa RPP yang digunakan guru di MAN Demak belum mendorong siswa untuk bertanya dan RPP model inkuiri materi sistem gerak hasil pengembangan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran biologi, khususnya untuk melatih keterampilan bertanya siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan bertanya, materi sistem gerak, model inkuiri, RPP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Users 38261 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2024 07:22
Last Modified: 16 Apr 2024 07:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24664

Actions (login required)

View Item View Item