PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR DALAM PEMBELAJARAN TARI DI RAUDHATUL ATHFAL ‘AISYAH PUDAKPAYUNG SEMARANG


Evi Dwi Lestari Raharjo, 2501412037 (2016) PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR DALAM PEMBELAJARAN TARI DI RAUDHATUL ATHFAL ‘AISYAH PUDAKPAYUNG SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501412037.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Evi Dwi Lestari Raharjo. 2016. Perkembangan Motorik Kasar Dalam Pembelajaran Tari di Raudhatul Athfal „Aisyah Pudakpayung Semarang. Skripsi Jurusan Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I: Dr. Hartono, M.Pd, Dosen Pembimbing II: Dra. Eny Kusumastuti, M.Pd Kata kunci: Proses Perkembangan, Motorik kasar, Anak TK, Pembelajaran. Proses perkembangan motorik kasar di RA „Aisyah Pudakpayung dirangsang dengan pembelajaran tari. Terkait dengan pembelajaran tari yang dilakukan pada penelitian ini juga dibahas mengenai, kurikulum yang dipakai untuk pembelajaran tari yang menyangkut silabus, RPP, media serta faktor penunjang berupa kondisi sekolah. Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimana perkembangan motorik kasar dalam pembelajaran tari di Raudhatul Athfal „Aisyah Pudakpayung Semarang, dengan kajian pokok: bagaimana proses perkembangan motorik kasar dalam pembelajaran tari dengan materi Yamko Rambe Yamko dan Kicir-Kicir sebagai sarana untuk melatih kemampuan motorik kasar anak. Tujuan penelitiannya yaitu menganalisis perkembangan motorik kasar dalam pembelajaran tari di Raudhatul Athfal „Aisyah Pudakpayung Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan pendekatan pendidikan seni yang bersifat multilingual. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode dan teori. Berdasarkan hasil penelitian, perkembangan motorik kasar dalam pembelajaran tari dilakukan pada 4 pertemuan masing-masing Putra dan Putri yaitu pada tanggal 8, 9 April, 13, 14, 27, 28 Mei, 3, 4 Juni. Pada kegiatan pembelajaran meliputi 3 tahapan yaitu kegiatan pendahuluan/ kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Adapun komponen proses belajar mengajar yaitu persiapan meliputi silabus, RPP dan pelaksanaan berisi siswa, guru, tujuan, materi, media, alat dan bahan, proses pembelajaran, metode, dan evaluasi. Perkembangan motorik kasar anak terdiri dari gerak lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif. Saran bagi guru agar memberikan metode yang lebih menarik untuk siswa dan sarana prasarana sekolah diharapkan lebih ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Proses Perkembangan, Motorik kasar, Anak TK, Pembelajaran.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Users 38258 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2024 04:55
Last Modified: 16 Apr 2024 04:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24644

Actions (login required)

View Item View Item