PEMBELAJARAN LAGU DAERAH DALAM MENANAMKAN APRESIASI SISWA KELAS V DI SD 3 BLIMBING KIDUL KABUPATEN KUDUS


Meylana Pramudita , 1401412409 (2016) PEMBELAJARAN LAGU DAERAH DALAM MENANAMKAN APRESIASI SISWA KELAS V DI SD 3 BLIMBING KIDUL KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN LAGU DAERAH DALAM MENANAMKAN APRESIASI SISWA KELAS V DI SD 3 BLIMBING KIDUL KABUPATEN KUDUS]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN LAGU DAERAH DALAM MENANAMKAN APRESIASI SISWA KELAS V DI SD 3 BLIMBING KIDUL KABUPATEN KUDUS)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Lagu daerah merupakan lagu yang ide penciptaannya berdasarkan budaya dan adat istiadat suatu daerah tertentu. Kemampuan apresiasi siswa terhadap keberagaman budaya dikembangkan melalui pembelajaran lagu daerah, Permasalahan penelitian ini adalah pembelajaran lagu daerah dapat menanamkan apresiasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran lagu daerah dapat menanamkan apresiasi kelas V SD 3 Blimbing Kidul Kabupaten Kudus dan mendeskripsikan bentuk apresiasi siswa kelas V SD 3 Blimbing Kidul Kabupaten Kudus pada saat pembelajaran lagu daerah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SD 3 Blimbing Kidul Kabupaten Kudus dengan 31 sampel peserta didik yang diambil dengan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah pembelajaran lagu daerah kelas V SD 3 Blimbing Kidul Kabupaten Kudus dan apresiasi siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran lagu daerah berjalan baik dalam menanamkan apresiasi siswa kelas V SD 3 Blimbing Kidul Kabupaten Kudus dengan guru pengajar yang memberikan motivasi kepada siswa, guru mengajarkan cara menyanyikan lagu daerah yang masih baru di telinga siswa, guru menjelaskan pesan yang terkandung dalam lagu daerah, guru memberikan kesempatan siswa menilai penampilan teman menyanyikan lagu daerah. Kemudian bentuk apresiasi siswa juga masuk dalam kategori baik. Simpulannya adalah proses pelaksanaan pembelajaran lagu daerah dalam menanamkan apresiasi siswa kelas V SD 3 Blimbing Kidul Kabupaten Kudus berjalan baik; bentuk apresiasi siswa ketika pembelajaran lagu daerah yaitu masuk dalam kategori baik. Saran dalam penelitian yaitu guru hendaknya menggunakan media dalam pembelajaran lagu daerah; siswa lebih sering mendengarkan lagu daerah; sekolah melengkapi sarana prasarana yang mendukung pembelajaran lagu daerah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Apresiasi, pembelajaran lagu daerah.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Dec 2016 16:38
Last Modified: 08 Dec 2016 16:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24470

Actions (login required)

View Item View Item