PERAN TUTOR DALAM LAYANAN PEMBELAJARAN DI KURSUS SETIR MOBIL LPK EMKA SALATIGA
Rendi Agung Febrianto , 1201412056 (2016) PERAN TUTOR DALAM LAYANAN PEMBELAJARAN DI KURSUS SETIR MOBIL LPK EMKA SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (819kB) | Preview |
Abstract
Tidak semua tutor mampu memberikan layanan pembelajaran dengan baik hal tersebut dikarenakan tutor yang seharusnya berperan sebagai pembimbing belajar hanya memperlakukan warga belajar sebagai objek pengajaran dan cenderung menggurui warga belajar. Kursus setir mobil LPK Emka Salatiga merupakan salah satu kursus setir mobil yang sedang berkembang sehingga peran tutor sangat diperlukan dalam layanan pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran tutor dan kendala yang dihadapi tutor dalam layanan pembelajaran di kursus setir mobil LPK Emka Salatiga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan observasi partisipatif dalam penelitian ini. Kegiatan wawancara dilakukan dengan subjek penelitian yang terdiri dari 2 orang tutor serta informan yang terdiri dari 1 orang pengelola dan 3 orang warga belajar kursus setir mobil LPK Emka Salatiga. Dokumentasi didapat dari foto kegiatan serta dokumen yang ada di kursus setir mobil LPK Emka Salatiga. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Prosedur penelitian ini dibagi dalam tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, analisis, dan penulisan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kursus setir mobil LPK Emka Salatiga telah memenuhi 5 dimensi yang harus di penuhi dalam layanan. Dimensi layanan tersebut berupa Tangible, Responsiveness, Reliability, Assurance, dan Empathy. Tutor melakukan persiapan dalam layanan sesuai dengan porsinya sebagai tutor kursus setir mobil. Terdapat kekurangan pada dimensi Assurance karena kursus tidak menjamin warga belajarnya dapat menguasai materi yang diajarkan. Penguasaan terhadap materi tergantung dari individu warga belajar sendiri. Salah satu kendala yang dihadapi tutor adalah ketika menghadapi warga belajar yang susah dalam menerima materi. Simpulan yang dapat diambil adalah sebagai kursus yang sedang berkembang peran yang dilakukan tutor sangat penting dalam kursus ini, tidak hanya pada saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran saja tetapi juga meliputi pada persiapan media yang digunakan untuk kursus sampai dengan melakukan penilaian hasil belajar warga belajar. Peran tutor dalam layanan pembelajaran di kursus setir mobil LPK Emka Salatiga dapat dikatakan baik karena telah memenuhi lima dimensi layanan yaitu Tangible, Rensponsiveness, Reliability, Assurance, dan Empathy. Saran yang diberikan guna mengatasi masalah warga belajar yang kesulitan dalam menerima materi pembelajaran sebaiknya tutor menyarankan kepada warga belajar agar menambah jumlah pertemuan jika dirasa kurang. Tujuannya agar materi yang dibutuhkan warga belajar dapat disampaikan seluruhnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Tutor, Layanan Pembelajaran, Kursus Setir Mobil |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 11:45 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 11:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24407 |
Actions (login required)
View Item |