HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG


KRISTIYANTI , 1401412288 (2016) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412288.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstern. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah disiplin belajar. Karena hasil belajar tidak ditentukan oleh kecerdasan intelektual belaka, namun disiplin belajar juga menentukan keberhasilan siswa mencapai hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat disiplin belajar siswa, (2) tingkat hasil belajar PKn siswa, (3) hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar PKn siswa, (4) seberapa besar hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD seGugus Diponegoro Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode survey deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitiannya yaitu seluruh siswa kelas IV SD seGugus Diponegoro Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang yang berjumlah 136 siswa dengan sampel 100 siswa yang ditentukan menggunakan probability sampling dengan teknik proportionate stratified random sampling. Variabel penelitian meliputi disiplin belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar PKn sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket siswa, angket orang tua, dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan SPSS 16 menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan linier sehingga teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat disiplin belajar siswa sebesar 88,125 % termasuk kategori sangat baik, (2) tingkat hasil belajar siswa sebesar 76,71 % termasuk kategori baik, (3) Nilai sig. sebesar 0,000. Oleh karena 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat hubungan yang linear disiplin belajar dengan hasil belajar siswa, (4) koefisien determinasi (R2) 0,412 menunjukkan bahwa disiplin belajar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar PKn siswa sebesar 41,2 %. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan guru serta orang tua siswa mengawasi dan berusaha meningkatkan disiplin belajar siswa sehingga hasil belajar yang diperoleh lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar; Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2016 16:52
Last Modified: 18 Oct 2016 16:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24346

Actions (login required)

View Item View Item